facebook pixel

Macam-Macam Arti Tangisan Bayi. Bunda Sudah Tau?

Main Image: Macam-Macam Arti Tangisan Bayi. Bunda Sudah Tau?

“Duh, si baby kenapa nangis terus ya? Padahal sudah tidur cukup, makannya juga lahap. Kenapa nangisnya nggak berhenti-berhenti?”


Bunda pernah mengeluhkan hal seperti ini juga? Mungkin ini pertanda bahwa bunda belum bisa mengerti arti tangisan si kecil.

Sebenarnya bayi menangis bukan tanpa alasan lho. Menangis merupakan cara untuk bayi mengungkapkan perasaannya kepada orang dewasa. Jika bunda memperhatikan dengan seksama, tangisan bayi sebenarnya tidak selalu sama lho. Misalnya, tangisan bayi ketika lapar dan mengantuk akan berbeda. Karena itulah bunda harus mengenali jenis-jenis tangisan bagi untuk mengetahui apa yang sebenarnya ia butuhkan.

Macam-Macam Arti Tangisan Bayi

1. Lapar

Hal paling umum yang membuat bayi rewel adalah lapar. Tangisan bayi ketika kelaparan biasanya bernada rendah, tidak terputus dan terdengar seperti “neh”. Ciri lain ketika bayi merasa lapar adalah memasukkan tangan ke mulut sambil menendangkan kaki ke udara. Mulutnya juga terlihat seperti mencari puting susu bunda.

Jika bunda melihat gelagat ini, segera susui si kecil agar ia tidak rewel ya.

            (Baca juga: 8 Masalah Kulit yang Sering Dialami Bayi)

2. Mengantuk

Ketika mengantuk, bayi biasanya akan terlihat menangis sambil menggosokan kaki dan tangannya. Suara tangisannya juga akan terdengar seperti “owh” yang cukup panjang. Jika bunda sudah merlihat perilaku ini, segera angkat si kecil dan tidurkan dia dengan memberikan ASI.

3. Lelah

Tak hanya orang dewasa, bayi juga bisa merasa kelelahan lho. Untuk mengungkapkan perasaan ini, bayi biasanya akan menangis sambil menggosokkan mata atau menggerakkan tangan dan kaki. Suara tangisannya juga terdengar sedikit bergetar. Untuk menenangkannya, bunda bisa langsung menidurkan si bayi.

            (Baca juga: Tips Memilih Popok Kain Bayi Berdasarkan Usia)

4. Sakit

Saat kesakitan, bayi akan menangis dan menjerit dengan suara yang keras. SI kecil ingin menunjukkan bahwa tubuhnya sedang merasa sakit. Bunda harus mengerti jenis tangisan ini karena akan berpengaruh pada kesehatannya. Bayi yang sakit biasanya juga tidak berselera makan, suhu badannya tinggi, dan terlihat lemas.

Jika tanda-tanda ini terjadi, segera bawa si kecil ke dokter untuk memastikan keadaannya.

            (Cari Produk Popok Bayi Di Sini)

5. Tidak Nyaman

Merasa tidak nyaman juga bisa menjadi penyebab bayi rewel. Ketidaknyamanan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari popoknya yang sudah terlalu penuh, pakaian yang basah, merasa gatal, gerah, dan lainnya. Suara tangisan yang dikeluarkan bayi biasanya akan terdengar seperti “eh”.

Untuk membuat si kecil nyaman, bunda bisa mengganti popok sekali pakai dengan popok kain berbahan lembut dan nyaman untuk kulit bayi. Clodi Minikinizz dapat menjadi pilihan yang tepat untuk bayi.

6. Ingin Bersendawa

Terlalu banyaknya udara di perut bayi kemungkinan akan membuatnya merasa tidak nyaman  dan rewel. Untuk menunjukkan rasa tidak nyamannya, bayi akan menangis panjang dan suaranya akan terdengar seperti “eh”. Ia juga akan terlihat seperti menarik kaki ke dada.

Untuk meredakan tangisannya, gendong dan gosok punggung si kecil dengan lembut agar udara di rongga dadanya bisa cepat keluar.

Itulah arti-arti dari tangisan bayi yang harus bunda tau. Semoga informasi di atas bisa membantu bunda untuk mengenali si kecil lebih baik lagi ya.


Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS