facebook pixel

Si Kecil Sedang Toilet Training? Siapkan Alat-Alat Ini Untuk Mendukungnya

Main Image: Si Kecil Sedang Toilet Training? Siapkan Alat-Alat Ini Untuk Mendukungnya

Si Kecil sudah menunjukkan tanda dan gelagat mau naik level? Coba Bunda perhatikan, apakah si Kecil sudah belajar berjalan, belajar duduk, sering berekspresi aneh saat kebelet pipis atau pup, clodinya kering saat bangun tidur atau lebih dari 2 jam pemakaian, dan seolah sudah punya jadwal relatif sama untuk pipis atau pup?

Jika benar tanda-tanda itu yang Bunda lihat, itu artinya si Kecil sudah siap menjalani program toilet training! Si Kecil siap naik level. Bunda harus mendukungnya.

Salah satu bentuk dukungan yang bisa Bunda tunjukkan adalah dengan menyiapkan alat-alat yang diperlukan. Alat-alat bantu tersebut, secara langsung maupun tidak, akan mempermudah dan mempercepat program toilet training si Kecil.

    Baca juga: Tanda Anak Siap Toilet Training

Apa saja alat-alat pendukung program toilet training? Simak ya, Bund..

Training Pants

Ini alat pendukung yang wajib ada. Training Pants adalah clodi yang didesain khusus untuk membantu si Kecil dalam menjalankan program toilet training. Dirancang hanya untuk 1x pipis. Mampu menyerap basahan dengan baik dan tidak bocor, tapi bagian dalamnya tetap basah. Ini yang membuat si Kecil merasa tidak nyaman dan meminta ganti. Selanjutnya ia akan berpikir ulang saat akan pipis di celana, dan akhirnya mengajak ke toilet. Efektif sekali, Bund!

Potty atau Toilet Seat

Potty adalah alat latihan buat si Kecil untuk buang air sendiri, sebelum memakai toilet yang sebenarnya. Bentuknya mini, sehingga si Kecil bisa pas dan nyaman saat duduk di atas closet, tanpa khawatir terjeblos masuk. Sangat mudah dipasang. Alat ini dilengkapi penampung juga, dan cukup tekan flush untuk membuang kotorannya. Jika sudah kuat, si Kecil juga bisa mencoba memencet flush sendiri. Ada 2 jenis potty, yaitu potty chair dan potty seat.

Perlak

Alat yang satu ini sangat umum diandalkan Bunda untuk mencegah kasur dan sprei basah akibat ompol si Kecil yang tembus. Letakkan saja perlak di atas sprei kasur. Lebih baik jika bisa penuh menutupi sprei, terlebih jika si Kecil sudah banyak bergerak. Bunda bisa selalu sedia tisu, lap, dan semprotan disinfektan.

Celana Dalam

Setelah si Kecil terbiasa menggunakan potty, sudah saatnya Bunda membelikannya celana dalam. Pilihlah celana dalam yang mudah dilepas-pasang, agak longgar dengan lingkar pinggang dari karet, agar si Kecil lancar dalam menggunakannya sendiri. Untuk warna dan motifnya, biarkan si Kecil yang memilih sendiri sesuai kesukannya, agar lebih semangat saat memakainya.

Peralatan Pembersih

Alat ini tidak terkait langsung dengan si Kecil, tapi Bunda bisa melibatkannya untuk aktivitas bersih-bersih. Awal-awal program toilet training, pasti akan banyak ceceran pipis, bahkan pup si Kecil di lantai. Untuk itu, peralatan bebersih, seperti lap, pel, cairan pembersih lantai, tisu basah, disinfektan, dan ember itu harus selalu ready di area kamar dan toilet. Dengan mengajak si Kecil terlibat di acara bersih-bersih, si Kecil akan termotivasi untuk berhenti membuat kotoran tersebut, artinya program toilet training bisa lebih cepat berhasil.

Penanda & Rewards

Ini untuk memberikan motivasi lebih ke si Kecil selama program toilet training. Selain itu, program ini bisa menjadi menyenangkan. Bunda bisa menyiapkan papan tulis atau kertas yang ditempel, lalu sediakan semacam sticker kecil yang lucu. Setiap kali si Kecil berhasil pipis atau pup sendiri tanpa membuat kotoran di celana atau lantai, biarkan ia tempelkan 1 sticker. Setelah tertempel sejumlah sticker, Bunda bisa memberikannya hadiah kecil. Pasti seru!

Setelah mengetahui alat-alat pendukung apa saja untuk si Kecil dalam menjalankan program toilet training, Bunda bisa langsung menyiapkannya. Mulai dari training pants, potty, perlak, dan celana dalam, yang bersentuhan langsung dengan si Kecil. Hingga alat yang tidak menyentuhnya sama sekali tapi membuatnya lebih semangat.

Agar program toilet training bisa berjalan dengan lancar sesuai rencana, bahkan menyenangkan, pilihlah alat-alat pendukung yang berkualitas, salah satunya seperti penggunaan training pants dari Klodiz Minikinizz.  

Klodiz Training Pant adalah popok celana yang dirancang khusus untuk membantu buah hati latihan buang air kecil ke toilet. Terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan nyaman digunakan. Bersertifikat SNI, outer Laminated Fabric (PUL) dan insert: Microfiber 360 gsm, sangat nyaman dan aman untuk kulit si kecil.

Training Pant juga tersedia dalam berbagai ukuran dan motif yang lucu, lho, Bund!

Dapatkan Produk Klodiz Training Pant Sekarang!

Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS