facebook pixel

Tips Mudah & Cepat Mengajari Anak Membaca

Main Image: Tips Mudah & Cepat Mengajari Anak Membaca

Banyak Bunda yang merasa khawatir buah hatinya ketinggalan dari teman-teman sebayanya dalam hal kemampuan membaca. Sementara Bunda juga menganggap bahwa mengajarkan membaca pada anak itu sesuatu yang rumit.

Padahal ada tips dan trik ampuh mengajari sendiri anak untuk bisa membaca dengan mudah, cepat, dan sederhana. Bunda cukup melakukan proses belajarnya di rumah saja. Anak pun akan merasa kegiatan belajarnya ini sesuatu yang menyenangkan.

Sebelum mulai mengajari anak membaca, Bunda perlu menyadari bahwa belajar membaca pada anak ini akan melibatkan berbagai keterampilan sekaligus. Semuanya penting dan dibutuhkan agar belajarnya sukses.

Keterampilan penting yang diperlukan anak dalam belajar membaca tersebut ada 5, yaitu: 

  1. Fonemik: kemampuan anak dalam mendengar dan memanipulasi suara yang berbeda dalam kata-kata.
  2. Fonetik: anak dapat mengenali hubungan antara huruf dan suara yang dihasilkannya.
  3. Kosakata: anak memahami makna, definisi, dan konteks kata-kata.
  4. Pemahaman membaca: anak memahami makna teks.
  5. Kefasihan: kemampuan anak dalam membaca dengan lantang, cepat, dan akurat.

Kelima keterampilan tersebut diperlukan dalam menentukan keberhasilan anak dalam berlajar membaca. Setelah mengetahuinya, sekarang Bunda bisa langsung mulai tips dan trik dalam mengajari anak membaca, sebagai berikut:

Gunakan Lagu dan Sajak Bertema Anak
Media lagu dan sajak bertema anak-anak dapat membangun kesadaran fonemik pada anak. Bukan hanya menghibur dan menghadirkan suasana menyenangkan pada anak, lagu dan sajak dapat membantu anak untuk mendengarkan suara dari kata dan suku kata sebagai modal dalam berlajar membaca.

Lebih efektif jika dalam melantunkan lagu atau sajak tersebut dilafalkan secara serentak sembari bertepuk tangan bersama. Aktivitas ini akan sangat menyenangkan untuk si kecil sehingga dapat terus semangat dalam belajar membaca. 

Buat Kartu Kata Sederhana
Ambil beberapa lembar kertas lalu gunting seukuran kartu. Tulislah 3 kata yang berbeda di setiap kartu dengan menggunakan spidol. Pilih kata yang terdiri dari 1 suku kata saja, seperti ‘tas’, ‘jam’, ‘bak’, ‘pot’, ‘rak’, ‘sup’, ‘vas’, ‘jus’, dan lainnya.

Minta anak memilih kartunya, lalu baca setiap kata di kartu itu secara bersama. Sekarang minta anak untuk mengatakan sendiri kata-kata tersebut. Bunda hitung dengan jari setiap si kecil berhasil melakukannya. Perhatikan cara pengucapannya. Ini akan membangun keterampilan fonetik pada anak.
 
Aktif Baca Media Cetak
Saat melakukan perjalanan dan menjumpai media cetak seperti spanduk, poster, baliho, papan nama, papan iklan, atau apapun dengan tulisan yang jelas dan positif, segera kurangi kecepatan kendaraan, lalu ajak anak untuk membaca tulisan-tulisan tersebut. Anak akan tergerak dengan sendirinya saat bertemu dengan media cetak lainnya.

Coba minta anak untuk fokus pada huruf pertama dalam kata-kata, lalu tanyakan: suara pada huruf itu, kata apa lagi yang dimulai dengan suara itu, kata apa yang memakai huruf itu, dan lainnya. Ini akan membuat anak terlatih mengeluarkan suara huruf untuk membuat kata. Anak dapat menerapkan koneksi antara suara dan simbol huruf.

Jika sudah berjalan cukup lancar, lakukan juga saat Bunda mendampingi si kecil saat menonton iklan di TV. Lakukan hal yang sama saat melihat tulisan pada iklan tersebut.

Permainan Kata
Dengan media yang sama, tingkatkan proses belajar tersebut dengan melakukan permainan kata. Ini untuk mengolah pemikiran anak. Bunda fokus pada bermain permainan kata sederhana secara teratur yang mendorong anak untuk mendengarkan, mengidentifikasi, dan memanipulasi suara dengan kata-kata.

Bunda dapat memulainya dengan bertanya ke anak: apa bunyi huruf, suara apa yang diakhiri dengan huruf itu, kata-kata apa yang dimulai dengan suara itu, dan lainnya. Lakukan permainan ini beberapa kali dalam sehari. Ini dapat mengolah pemikiran anak untuk mulai membaca.

Bermain Huruf Vokal
Gunakan huruf-huruf yang dilengkapi magnet di belakangnya. Bunda bisa bermain di papan metal atau kulkas. Susunlah kata, tapi Bunda pisahkan huruf-huruf vokalnya (a, i, u, e, o). Misalnya menyusun kata nama binatang ‘KUDANIL’, tapi huruf u, a, dan i dipisah di sisi kanannya.
Minta anak untuk mengejanya. Bunda bantu dengan mengucapkan suara vokal dengan keras sembari menunjuk hurufnya. Tanya ke anak mana suara yang mirip dengan suara tengah dari kata tersebut. Sebagian anak kesulitan dalam hal ini.

Buku Cerita Bersama
Ajak anak untuk membaca buku cerita bersama-sama. Setelah selesai, tanyakan beberapa hal yang terkait dengan cerita tersebut. Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini. Anak tak Cuma paham cara pengucapan yang benar, tapi juga belajar cara pemahami dan pengembangan kosa kata. Pembacaan buku cerita yang dilakukan secara rutin, setiap hari, akan bagus untuk mengembangkan kemampuan anak dalam membaca.

Manfaatkan Teknologi
Penggunaan teknologi berupa aplikasi belajar membaca untuk anak banyak bertebaran di Apps Store dan Play Store. Bunda bisa langsung men-download dan meng-install dari gadget. Anak-anak pasti tertarik. Beberapa contoh aplikasi yang bisa digunakan di antaranya:

  • Ayo Belajar Membaca
  • ABC Belajar Membaca
  • Belajar Membaca Edutalk
  • Membaca Cepat Tanpa Mengeja
  • Belajar Membaca Lancar
  • Lancar Belajar Membaca + Suara Bersama Marbel
  • Belajar Membaca Bersama

Sarannya, penggunaan aplikasi belajar membaca ini sifatnya hanya selingan atau variasi saja, jadi jangan menjadi ketergantungan. Justru banyak dampak kurang baik jika anak terus-menerus terpapar dengan gadget. 

Setelah mengetahui tips mudah mengajarkan anak membaca dengan cepat, Bunda bisa langsung menerapkannya untuk si kecil. Perhatikan tingkatan usianya, dan yang penting Bunda harus sabar dan telaten dalam memberikan pengajaran. Jangan terlalu memaksakan agar anak bisa langsung bisa membaca. Dikhawatirkan anak malah justru drop dan malas untuk belajar.

Pastikan juga mengenakan popok cuci ulang berkualitas bagus, seperti produk dari Minikinizz selama memberikan pelajaran membaca, agar anak lebih nyaman dan lebih terlihat kemajuannya. Selamat mengajar anak membaca, Bun..

Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS