facebook pixel

Tips Puasa untuk Ibu Hamil Agar Tetap Sehat dan Bugar

Main Image: Tips Puasa untuk Ibu Hamil Agar Tetap Sehat dan Bugar

Berpuasa merupakan salah satu rukun islam yang ke-5 dan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban bagi umat muslim di seluruh dunia. Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah apakah ibu hami diharuskan juga berpuasa?

Jawabannya, ibu hamil diperbolehkan untuk tidak berpuasa, sebenarnya ibadah puasa ini tergantung kondisi Bunda dan janin. Jika pun berpuasa saat hamil, pastikan kondisi tubuh, kandungan, dan janin yang dikandung sehat dan sebaiknya tetap penuhi kebutuhan nutrisi penting Anda dan janin. Hal ini sangat penting Bunda perhatikan karena untuk mencegah kemungkinan bayi lahir dengan BBLR, prematur, dan kemungkinan buruk lainnya.

Lalu, bagaimana tips berpuasa untuk ibu hamil agar tetap sehat dan bugar?

1. Penuhi Asupan Cairan

Agar terhindar dari dehidrasi saat puasa, pastikan minum yang banyak saat berbuka & sahur. Setidaknya 8 gelas atau 2 liter per hari.
Hindari minum-minuman yang mendorong lebih banyak cairan hilang dari tubuh Anda. Seperti: Minuman berkafein yaitu teh, kopi dan minuman soda.

Jika Anda merasa pusing, lemas dan ingin pingsan di tengah-tengah puasa, sebaiknya batalakn puasanya. Untuk mencegah kemungkinan hal-hal buruk yang bisa terjadi.

2. Pastikan Asupan Bernutrisi

Konsumsilah berbagai macam jenis makanan, sehingga kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral terpenuhi dengan baik seperti gandum utuh, sayuran, dan buah kering.

Hindarilah makan-makanan yang manis karena hal ini dapat membuat kadar gula darah Anda naik dan turun dengan cepat, sehingga dapat menyebabkan lemas dan pusing. Selain itu, Anda perlu membatasi makanan tinggi lemak dan makanan siap saji.

3. Hindari Stress

Selama menjalankan ibadah puasa, tetaplah tenang dan hindari stres. Pasalnya penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang sedang berpuasa memiliki hormon stres yang lebih tinggi, sehingga dapat berefek buruk terhadap kesehatannya dan janinnya.

4. Istirahat yang Cukup

Selanjutnya adalah istirahat yang cukup. Hindarilah mengangkat beban berat atau berjalan terlalu jauh. Jika perlu, kurangi aktivitas di luar ruangan jika cuaca sedang panas agar Anda lebih kuat dalam menjalankan puasa. Hal ini akan menghemat energi yang Anda gunakan. Untuk mengurangi rasa lemas, cobalah untuk  tidur siang beberapa jam.

Selama berpuasa Anda harus tetap waspada terhadap gejala-gejala yang membahayakan janin, waspadai jika terdapat penurunan berat badan pada ibu hamil yang berpuasa, berkurangnya gerakan janin dalam kandungan, serta rasa nyeri pada perut seperti kontraksi. Jika mengalaminya, segera melakukan pemeriksaan diri ke dokter kandungan.

Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS