facebook pixel

Ketahui Perbedaan antara Clodi Snap, Velcro, dan Pants

Main Image: Ketahui Perbedaan antara Clodi Snap, Velcro, dan Pants

Bunda pasti sudah memahami sepenuhnya bahwa penggunaan clodi untuk bayi Bunda itu sangat disarankan. Clodi, kependekan dari clothes diaper alias popok kain yang bisa dicuci ulang dan bisa digunakan berkali-kali, sehingga nyaman di kantong (hemat) karena tidak selalu harus beli terus, lebih aman untuk kesehatan anak, dan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan tumpukan limbah sampah.

Produsen clodi pun berlomba menyediakan produk dengan beragam pilihan, dalam hal jenis dan juga motif, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan selera konsumennya. Bunda justru kadang bingung dengan adanya pilihan jenis clodi snap, pants, dan velcro. Mana yang paling cocok dengan kebutuhan anak.

Tenang, Bun. Berikut ini penjelasan singkat tentang perbedaan antara model clodi snap, clodi pants, dan clodi velcro, sehingga Bunda bisa memahami pilihan apa yang paling cocok untuk anak yang disesuaikan dengan usia dan tingkah laku anak.   

Clodi Snap

Clodi model snap adalah clodi yang dilengkapi dengan kancing (snap). Kelebihan penggunaan clodi snap ini tentu saja agar anak susah melepaskannya sendiri, sesuai harapan Bunda. Ini paling cocok untuk anak yang tangannya sudah mulai aktif yang biasanya iseng melepas popoknya sendiri.

Dengan memakaikan clodi snap yang rapat karena ada kancingnya, Bunda tidak perlu memakaikan celana tambahan. Clodi tetap aman terpasang walau anak sangat aktif.

Clodi snap tersedia untuk penggunaan anak mulai dari newborn hingga umur 5 tahun. Kekurangan dari clodi snap ini adalah harganya yang relatif lebih mahal, terutama jika dibandingkan dengan clodi model velcro.

Clodi Velcro

Clodi model velcro adalah clodi yang dilengkapi dengan perekat. Clodi ini lebih mudah untuk dibuka dan ditutup. Akibatnya, clodi velcro relatif lebih mudah terlepas jika dikenakan untuk anak yang tangannya sudah aktif. Solusinya, Bunda perlu memakaikan celana tambahan untuk menutupi bagian perekatnya, sehingga tangan anak terhalang saat berusaha membuka clodi.

Kelebihan clodi velcro jika dibandingkan dengan clodi snap, tentu pemakaiannya lebih cepat, karena Bunda cukup merekatkannya saja, praktis. Harganya juga lebih murah. 

Hanya saja, penggunaan perekat ini menyebabkan Bunda memakaikan dengan sedikit ketat karena khawatir bocor atau lepas, sehingga kadang anak bisa saja merasa agak sesak di perut. Clodi velcro tersedia untuk newborn hingga anak umur 1 tahun saja.  

Clodi Pants

Sesuai namanya, clodi pants ini clodi yang didesain seperti celana pendek. Clodi ini dilengkapi karet pada bagian pinggangnya agar pas dan nyaman saat digunakan. Clodi pants sangat cocok untuk anak yang sudah sangat aktif bergerak bebas, praktis dan cepat saat memakaikannya. Tidak perlu perekat, tidak perlu kancing.

Anak umur 7-8 bulan biasanya sudah tidak mau ditidurkan lagi saat dipakaikan clodi, bahkan kadang anak sembari merangkak saat dipakaikan clodi, sehingga Bunda sering kerepotan. Pilihan clodi pants sangat tepat untuk anak seperti ini.

Clodi pants juga menjadi jembatan untuk anak mulai terlepas dari clodi. Biasanya Bunda sudah mulai mengenalkan bagaimana buang air kecil atau besar sendiri, atau yang biasa disebut toilet training. Clodi pants akan menjadi pilihan paling cocok.

Setelah mengetahui perbedaan, kelebihan, kekurangan, dari pilihan clodi snap, clodi velcro, dan clodi pants, Bunda bisa lebih mantap menentukan pilihan clodi yang paling tepat untuk si kecil saat ini. Pilihkan produk clodi berkualitas bagus, seperti produk clodi Minikinizz, yang tersedia dalam beragam pilihan model, jenis, dan motif, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera.

Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS