facebook pixel

Percantik Rumah dengan Tanaman Hias yang Lagi Hits

Main Image: Percantik Rumah dengan Tanaman Hias yang Lagi Hits

Studi membuktikan bahwa tanaman hijau yang ada di rumah memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh penghuninya. Tak hanya membuat rumah tampak lebih segar dan atraktif, tanaman ternyata juga bisa memperpanjang umur, meningkatkan kreativitas seseorang, meredam stress dan kelelahan, serta mendongkrak kualitas hidup. Wow!

Di masa pandemi ini banyak orang terdorong untuk mulai melirik tanaman hias. Alasannya, selain mengisi waktu luang di rumah, mereka tentu ingin membuat suasana rumah selalu terasa menyenangkan dan membuat betah berlama-lama di rumah.  

Bunda juga jangan mau kalah. Saatnya menghias dan mempercantik rumah dengan berbagai tanaman. 

Ada beberapa pilihan tanaman hias yang hits saat ini, baik untuk di dalam ruang maupun luar ruang. Selain cantik dan mempercantik, tanaman-tanaman hias ini harganya terjangkau, mudah dicari, dan gampang cara merawatnya.

Dengan segala manfaat yang ada, diharapkan Bunda akan bertambah bahagia. Kalau Bunda bahagia, otomatis si kecil pun akan berbunga-bunga. 

Berikut ini sejumlah tanaman hias yang hits di tahun ini yang bisa segera Bunda pajang di berbagai sudut ruangan di rumah. 


1. Sri Rezeki


Dikenal juga sebagai Aglonema. Tanaman hias ini memiliki banyak jenis dengan corak warna berbeda-beda. Yang paling hits adalah yang ada semburat warna merah muda di sisi daunnya. Perawatannya sangat mudah. Bunda hanya perlu menyiramnya dua kali sehari, memberi pupuk setiap 1-2 minggu sekali, dan mengganti tanah 6-12 bulan sekali., 

Tanaman ini dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya, jika ditempatkan di tempat yang tepat. Satu buah pot berisi Sri Rezeki range harganya mulai dari Rp10.000 hingga Rp30 jutaan.


2. Jenggot Musa


Di luar negeri terkenal dengan nama Spanish Moss alias Lumut Spanyol. Tapi di sini biasa disebut Jenggot Musa atau Janggut Musa. Mengapa namanya seperti itu, ya memang karena bentuknya yang menjuntai panjang dan berwarna putih sehingga mirip jenggot kakek-kakek. Keunikan tanaman ini adalah tidak memerlukan media apa pun, baik tanah maupun pot. Anda tinggal menggantungkannya saja. 

Perawatannya mudah. Cukup disiram pagi dan sore dan diangin-angin. Saat basah, warnanya berubah hijau, dan kembali putih saat kering kembali. Indah sekali. Bahkan, di pagi hari si jenggot akan mengeluarkan bau harum khas. Harganya, seikat jenggot ukuran sedang sekitar Rp50.000. Jika sudah lebat dan panjang bisa mencapai jutaan rupiah. 

.

3. Lidah Mertua


Tanaman bernama lain Sansevieria ini daunnya tumbuh vertikal. Daunnya kaku dan ujungnya tajam, mungkin ini yang menyebabkan dinamai Lidah Mertua. Tanaman bercorak gradasi warna hijau tua dan muda ini juga menjadi tanaman hias favorit, terutama untuk indoor. Harganya mulai dari Rp10.000. 

Perawatannya, pastikan Lidah Mertua mendapatkan cahaya matahari yang cukup dan asupan air yang tidak berlebihan. Khusus untuk daunnya, Bunda hanya perlu menyekanya dengan kain lembap untuk menghilangkan debu yang menempel.


4. Sirih Gading


Bernama ilmiah Pothos. Sirih Gading adalah tumbuhan merambat semi-epifit yang punya akar gantung dan biasa ditanam sebagai penghias pekarangan atau ruangan. Seringkali ditempatkan dalam pot gantung di teras rumah untuk mendapatkan efek juntaian daun yang indah.

Sirih Gading bisa didapatkan mulai Rp5.000. Perawatannya sederhana. Bunda cukup menyiramnya setiap hari, memotong daun-daun yang mulai kering atau terlalu banyak di satu sisi, dan memberikan pupuk untuk menjaga kesuburan daun.


5. Janda Bolong


Biasa disebut juga Monstera. Sesuai namanya, tanaman yang daunnya bolong-bolong ini merupakan salah satu tanaman hias yang sangat populer di tahun lalu dan banyak sekali penggemarnya. 

Pertumbuhannya bisa mencapai ketinggian 20-130 cm. Tapi jika dibiarkan tumbuh di luar pot, bisa mencapai 2-3 meter. Range harganya cukup mencolok, yaitu mulai Rp10.000 hingga mencapai Rp100 jutaan. Daun dengan bercak kuning adalah jenis yang mahal.


6. Begonia


Spesies tumbuhan Begoniaceae ini merupakan tanaman hias yang sedang populer akhir-akhir ini dan banyak diburu untuk mempercantik rumah. Memiliki warna bunga yang cantik dan cocok tumbuh di daerah tropis. Selain bentuknya yang indah, Begonia juga disebut bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Mulai dari Rp10.000, Bunda sudah bisa merawatnya di rumah dengan mudah. 


7. Calathea Velvet 


Berasal dari hutan hujan Amerika Tengah dan Selatan, Calathea Velvet menyukai cahaya matahari berlimpah, kehangatan, dan kelembapan. Tanaman hias ini memiliki daun panjang berwarna hijau gelap, dengan permukaan berbulu halus seperti kain beludru, sehingga menciptakan kesan eksotis di rumah.

Hebatnya, jenis Calathea ini juga dapat membersihkan udara dari polusi, sehingga membuat suasana rumah terasa lebih segar. Dengan harga mulai Rp15.000 Bunda sudah bisa membawa tanaman cantik ini pulang. 


Itulah beberapa tanaman hias yang hits yang dapat Bunda manfaatkan untuk mempercantik rumah. Agar Bunda lebih bergairah dan menambah keseruan acara tanam-menanam ini, yuk libatkan si kecil untuk ikut merawat tanaman-tanaman cantik ini. 

Manfaatnya banyak untuk si kecil.  Di antaranya: meningkatkan rasa percaya diri pada anak, menumbuhkan rasa peduli, melatih kesabaran, mengajarkan rasa tanggung jawab, dan membuat si kecil lebih rileks.


Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS