facebook pixel

Si Kecil Digigit Nyamuk? Jangan Digaruk! Atasi dengan Cara Ini

Main Image: Si Kecil Digigit Nyamuk? Jangan Digaruk! Atasi dengan Cara Ini

Bunda pasti sering mendapati badan si kecil bentol-bentol akibat digigit nyamuk, kan? Gigitan nyamuk tidak hanya menimbulkan rasa gatal, tapi juga meninggalkan bekas bentol di kulit. Jika Bunda mendapati si kecil mulai menggaruk-garuk bagian yang digigit nyamuk itu, segera Bunda minta untuk STOP.

Jangan biarkan si kecil menggaruk bagian tubuhnya yang gatal akibat gigitan nyamuk. Semakin digaruk, semakin terasa gatal, dan ujungnya si kecil akan merasakan perih pada kulitnya karena iritasi.

Penyebab Rasa Gatal

Dari mana, sih, rasa gatal itu timbul? Ternyata setiap kali nyamuk betina menggigit dan menyedot darah kita, dia mengeluarkan air liur yang digunakan untuk menjaga agar darah yang disedot itu tidak cepat menggumpal. Air liur tersebut mengandung enzim dan protein. Tubuh kita menganggapnya sebagai zat asing.

Tubuh kita diproteksi oleh histamin yang kita produksi. Histamin ini mengakibatkan meningkatnya aliran darah dan jumlah sel darah putih di area yang digigit nyamuk itu. Kondisi ini memicu peradangan dan pembengkakan kulit yang terlihat sebagai bentol. Jika bentol ini digaruk, maka bisa membuat kulit iritasi dan meninggalkan bekas luka.

Mengapa gatal tersebut tidak boleh digaruk? Penyebabnya, semakin bentol digaruk, maka bahan aktif histamin dalam tubuh akan semakin banyak dikeluarkan, sehingga rasa gatal justru akan bertambah parah di area yang digigit itu.

Saat menggaruk itu memang terasa enak, tapi rasa gatal itu akan semakin menjadi-jadi. Dan kita baru menyadari dan berhenti setelah kulit terasa perih karena terkena iritasi. Bayangkan jika itu terjadi pada si kecil. Kasihan sekali.

Cara Mengatasi Rasa Gatal Tanpa Menggaruk

Bagaimana cara mengatasi gatal tanpa menggaruknya? Berikut ini ada tips untuk meredam rasa gatal akibat gigitan nyamuk tanpa harus menggaruknya.

Cukup usap saja, jangan digaruk
Saat melihat si kecil terasa gatal pada bagian tubuhnya, Bunda jangan bantu untuk menggarukkannya. Ingat, goresan kuku justru bisa melukai kulitnya yang halus dan membuat bakteri bisa masuk ke dalamnya.

Kompres air dingin
Siapkan handuk yang dicelup di air dingin atau air es, lalu letakkan di bagian tubuh si kecil yang digigit nyamuk. Nyess, dinginnya akan mampu meredam rasa gatal, sehingga si kecil tidak ingin lagi menggaruk.

Oleskan lotion kalamin
Manfaatkan lotion yang mengandung bahan kalamin untuk dioleskan sedikit di area tubuh yang digigit nyamuk. Kalamin bersifat mengeringkan, sehingga sering digunakan untuk mengeringkan ruam yang disebabkan oleh tanaman beracun. Tapi ada baiknya jika Bunda berkonsultasi ke dokter sebelum memakaikannya. Khawatir kulit si kecil sensitif.

Gunakan minyak telon
Penggunaan minyak telon setelah digigit nyamuk dapat meringankan efek gatal yang ditimbulkan. Selain aman, si kecil pun akan merasa nyaman.

Oleskan lidah buaya
Lidah buaya juga berfungsi untuk mengurangi bengkak dan gatal akibat gigitan nyamuk. Sifatnya dingin pada lidah buaya akan membuat si kecil nyaman.

Basuh air garam
Garam memiliki kandungan anti-inflamasi dan antiseptik alami. Bahan memasak di dapur ini  bisa Bunda andalkan sebagai obat alami untuk meredam gatal dan mengobati bekas gigitan nyamuk pada kulit si kecil.

Oleskan bawang
Selain rasa gatal, gigitan nyamuk tak ayal dapat menimbulkan rasa panas pada kulit si kecil. Bunda oleskan bawang untuk meredakan rasa panas yang menyengat akibat digigit nyamuk.

Nah setelah tahu berbagai efek kurang baik akibat menggaruk kulit gatal gigitan nyamuk, Bunda bisa lebih bijak untuk menyikapi saat rasa gatal melanda pada si kecil. Jika bentol sudah terlanjur terjadi, Bunda bisa mencoba cara ini untuk menghilangkan bekasnya.

Agar gigitan nyamuk tidak meninggalkan bekas hitam pada kulit si kecil, gunakan krim yang mengandung vitamin C, E, atau niacinamide, oleskan pada bekas gigitan nyamuk. Jika ingin mengajak si kecil keluar rumah, Bunda jangan lupa untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30.

Untuk mengurangi serangan rasa gatal atau rasa perih akibat garukan, buatlah si kecil merasa lebih nyaman dengan memberikannya popok cuci ulang yang bagus, seperti produk clodi dari Minikinizz.

Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS