facebook pixel

Tips Manjur Agar Anak Doyan Makan Sayur

Main Image: Tips Manjur Agar Anak Doyan Makan Sayur

Terkait dengan artikel sebelumnya: “Trik agar Anak Doyan Masakan Bunda di Rumah”, Bunda pasti juga acapkali dibuat kesal dengan anak yang susah makan sayur, terlebih masakan Bunda.

Padahal Bunda sudah berusaha membujuk dan mencoba beragam menu masakan sayuran yang resepnya diambil dari beragam sumber di internet, tapi tetap saja anak tidak mau menyantap makanan sehat berwarna hijau itu.

Untungnya ada tips manjur yang bisa Bunda coba agar anak doyan makan sayur. Bunda bisa langsung menerapkannya. Simak, Bun..

Melatih anak sejak dini makan sayur

Bunda harus membiasakan anak makan sayur sejak usia dini. Jika tidak dibiasakan hingga tumbuh besar, kemungkinan anak akan semakin susah menyukai sayur. Saat yang paling tepat untuk mulai mengenalkan anak ke sayuran adalah saat mengonsumsi MPASI alias makanan pendamping ASI, setelah masa ASI eksklusif selesai.

Ciptakan kesan bahwa sayuran itu menyenangkan

Tips berikutnya agar anak menyukai sayur adalah menciptakan kesan bahwa makan sayur adalah sesuatu yang menyenangkan. Yang paling penting adalah anak melihat dan merasakan terlebih dahulu bahwa makan sayur itu adalah kegiatan yang menyenangkan. Ini yang mendorong anak doyan makan sayur.

Salah satu upaya yang bisa Bunda lakukan adalah menjadikan beberapa jenis sayuran sebagai karakter binatang atau kartun, lalu ditampilkan dalam sebuah cerita. Misalnya saja anak akan berubah menjadi superhero jika sudah mampu menghabiskan seporsi kecil sayuran. Anak akan senang dan bersemangat.

Kreasi sayur menjadi makanan favorit

Trik selanjutnya, kreasikan dan olah sayuran menjadi makanan favorit anak. Misalnya anak sangat menyukai mie rebus, masukkan saja beberapa jenis sayuran seperti wortel dan kacang polong ke dalam mie rebus yang dihidangkan untuknya. Selain itu, Bunda bisa menyulap sayuran menjadi bentuk yang lucu-lucu. Anak akan menyukainya.

Sajikan sayuran dengan tampilan lebih menarik

Sebagai tambahan setelah kreasi sayur di makanan kesukaan, Bunda bisa menyajikan sayuran dengan tampilan lebih menarik. Padukan saja beragam warna sayur, seperti brokoli, wortel, tomat ceri, hingga bayam ungu, dalam satu sajian. Pasti secara tampilan akan lebih menarik. Ingat, jangan hanya tampilan yang menarik, rasanya juga harus ciamik. Anak auto doyan.

Berikan contoh kepada anak

Anak akan dengan mudah meniru apa yang orangtuanya lakukan. Termasuk hal-hal yang dianjurkan, yaitu makan sayur. Setiap kali Bunda makan sayur, lakukan saja di depan anak, dan tunjukkan bahwa Bunda benar-benar menyukai makanan tersebut, dan coba menawari anak. Ini adalah pancingan. Jadikanlah kebiasaan yang rutin dilakukan. Otomatis anak akan mengikutinya, mulai dari mencoba makan, doyan, hingga menyukainya.

Libatkan anak dalam memilih dan mengolah sayur

Ini adalah salah satu trik ampuh. Bunda bisa mengajak anak pergi ke pasar atau supermarket untuk membeli sejumlah sayuran. Di sana pancing anak untuk menggali info tentang sayuran melalui penjualnya, bertanya tentang manfaat sayuran tersebut jika dimakan. Hal ini akan melatih anak untuk berani berkomunikasi dengan orang, sekaligus menambah wawasannya.

Tiba di rumah, ajak anak mencuci sayuran tersebut, dan mencicipi dalam proses memasaknya. Tumbuhkan rasa ikut memiliki dari hidangan sayuran tersebut. Anak pun akan tergerak untuk menyukainya.  

Undang teman-teman anak untuk makan sayur bersama

Trik terakhir, minta anak mengundang teman-temannya untuk makan siang bersama. Menunya tentu saja sayuran dengan sajian istimewa. Kali ini, biarkan anak makan sambil mengobrol, becanda, bahkan bermain bersama teman-temannya. Dalam kondisi ini, makan apapun akan terasa menyenangkan, termasuk sayuran yang mungkin sebelumnya selalu dihindari.
 
Bagaimana? Setelah mengetahui tips manjur agar anak doyan makan sayur, Bunda menjadi lebih semangat menyiapkan masakan sehat untuk anak, yaitu menu sayuran untuk anak. Berikan menu yang variasi dari hari ke hari.

Agar anak juga merasa lebih bersemangat, sesekali Bunda bisa memberinya semacam hadiah kecil setiap kali sayuran di piringnya ludes disantap, terlebih sayuran tersebut tidak disukainya. Dengan diberikannya apresiasi, anak merasa berhasil mengalahkan dirinya sendiri dan menaklukkan sayuran.

Jangan lupa, selalu kenakan popok kain berkulitas bagus, seperti produk clodi dari Minikinizz, agar masa perjuangan anak dalam menyukai sayuran menjadi lebih nyaman dan percaya diri. Bersiap anak ketagihan menu sayuran buatan Bunda.

Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS