facebook pixel

Apa Itu Popok Clodi? Kenapa Clodi Lebih Untung?

Main Image: Apa Itu Popok Clodi? Kenapa Clodi Lebih Untung?

Apa itu Popok Clodi?

Bunda, sudah pernah dengar tentang Popok Clodi? Clodi adalah kependekan dari Cloth Diaper atau lebih dikenal dengan popok kain cuci ulang. Pada awalnya Clodi ini memiliki definisi yang berarti popok terbuat dari kain tipis yang biasanya dilipat-lipat, dipasang dan diikatkan atau dipenitikan pada pinggang bayi. Namun dalam perkembangannya, clodi mengalami penyempitan makna. Kini clodi adalah popok kain bayi yang dirancang khusus agar memiliki fungsi seperti pampers (popok sekali pakai - pospak).

Sesuai dengan namanya, popok clodi yang memiliki fungsi layaknya pospak ini, terbuat dari bahan kain sehingga bisa dicuci dan digunakan kembali.

Manfaat Penggunaan Popok Clodi?

Penggunaan popok sekali pakai memang lebih praktis, namun ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika Bunda menggunakan popok clodi. Apa saja itu? Yuk simak tips berikut ini!

1. Popok Clodi Membuat Kulit Bayi Jadi Lebih Sehat

Kesehatan kulit bayi sangat penting untuk kenyamanannya. Pasalnya, sudah banyak bukti yang menyebutkan bahwa popok sekali pakai menggunakan bahan kimia yang jika digunakan bisa menimbulkan efek buruk bagi kulit bayi, salah satunya adalah ruam popok. 

2. Popok Clodi Menghemat Pengeluaran Bulanan

Penggunaan popok sekali pakai akan membuat bunda membeli - menggunakan - membuang. Siklus ini akan terus terjadi hingga si kecil tidak lagi mengompol. Coba bunda pikirkan kembali, rata-rata bayi akan menggunakan popok sekali pakai mulai dari bayi hingga usia 3 tahun, lalu penggunaannya rata-rata 4 pcs/day, dan saat ini harga popok rata-rata Rp 2.000,-/pcs. Jika dikalikan penggunaanya selama 3 tahun maka pengeluaran yang dibutuhkan adalah Rp 8,760,000.

Sementara untuk clodi, harganya rata-rata Rp 60.000,-/pcs yang penggunaannya bisa bertahan sangat lama, bisa dipakai berkali-kali dan ukurannya bisa disesuaikan dengan pinggang si bayi hingga akhirnya sudah tidak cukup lagi. Selain itu clodi juga masih bisa dipakai oleh adiknya!

Jika Bunda masih belum percaya, Bunda bisa melihat perbandingan pengeluaran untuk popok clodi dan pospak di sini.

3. Popok Clodi Lebih Ramah Ringkungan


Tidak perlu dipertanyakan lagi, jika menggunakan pospak, Bunda bisa bayangkan ada berapa banyak pcs popok yang bunda buang setiap harinya? Lalu berapa banyak sampah yang dihasilkan? Di tahun 2017 lalu, 3 JUTA popok setiap harinya mencemari sungai Brantas di Jawa Timur. Bayangkan jika seluruh bayi di Indonesia menggunakan pospak, berapa banyak sampah popok yang diproduksi? Mau ditaruh di mana lagi limbahnya?

Let's go green, bun.

(Baca juga: Penggunaan Popok Sekali Pakai Ternyata Tidak Ramah Lingkungan!)

Tentang Minikinizz dan Klodizz

Berawal dari pengalaman yang dirasakan oleh Ibu Rona Himah Ilmiati sendiri terhadap kulit anaknya yang sensitif saat menggunakan popok sekali pakai, beliau berinisiatif untuk membuat sebuah popok berbahan aman dan nyaman untuk si bayi sampai akhirnya terpikir olehnya untuk membantu para ibu yang memiliki permasalahan yang sama.

Sambutan yang baik oleh pasar membangkitkan semangatnya untuk melanjutkan niatnya membantu para bunda bijak yang memiliki permasalahan yang sama.

Bahan yang digunakan Minikinizz sudah terjamin aman untuk buah hati, karena setiap produk yang dirilis sudah lulus uji laboratorium dan sudah lulus SNI. Pemilihan bahan yang kami gunakan pun tidak sembarangan, dengan mengutamakan kenyamanan buah hati, bahan yang ramah di kulit bahkan untuk kulit sensitif sekalipun!

Motif Clodi MInikinizz dan Klodizz yang bervariasi didesain secara ekslusif agar buah hati senang menggunakannya. Sebagai manager rumah tangga, sudah saatnya menjadi Bunda bijak. Mari kita mulai dengan hal kecil ini.

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS