facebook pixel

Saran Penggunaan dFloats Size 1

Main Image: Saran Penggunaan dFloats Size 1

Tahukah bunda, si kecil sebenarnya sudah dibekali kemampuan berenang sejak lahir lho. Dikutip dari www.infantaquatics.com, bayi memiliki insting menyelamatkan diri dari bahaya tenggelam melalui 2 gerakan alami.

  1. Pertama yaitu reflex menyelam (respons bradikardik) dengan menahan nafas dan membuka mata yang disertai dengan berkurangnya detak jantung dan darah disimpan dalam organ-organ-vital.
  2. Kedua adalah menggerakan dan menendang lengan dan kaki yang mirip dengan gerakan berenang. Kemampuan ini muncul hingga bayi berusia 6 bulan. 

Meski bayi memiliki reflek untuk menggerakkan lengan dan kaki saat di air, bukan berarti mengajari bayi berenang akan mudah lho. Bunda tetap membutuhkan alat bantu renang agar si kecil lebih aman. d'Floats dari Minikinizz akan membantu si kecil agar lebih mudah berenang.

d'Floats adalah alat bantu renang yang dapat membantu si kecil tetap mengapung di dalam air. Dengan begitu, bunda tidak perlu khawatir si kecil akan tenggelam ketika menggerakan tangan dan kakinya. Pada tahap ini, Bunda harus tetap mengawasi si kecil ya dan juga bisa mengajari gerakan-gerakan renang dasar pada si kecil. Perlu ditekankan, bahwa keberhasilan dalam belajar berenang bergantung pada kemampuan mental dan motorik anak, karena setiap anak memiliki mental dan motorik yang berbeda-beda.

Untuk bayi berusia 9 sampai 15 bulan pada umumnya latihan khusus yang dapat diterapkan adalah berguling-guling di air. Pada fase ini, posisi d'Floats size 1 yang disarankan adalah posisi pelampung yang ber-resleting ada di depan. Hal ini akan membantu meminimalkan air masuk ke dalam. 


Untuk bayi berusia 15 bulan sampai 3 tahun, biasanya akan lebih pandai dalam menendang dan mengayuh kedua lengan dan kakinya. Saat memasuki fase ini, pakaikan d'Floats size 1 dengan posisi yang terbalik dari penggunaan sebelumnya, yaitu resleting pelampung berada di belakang. Posisi ini akan mengajarkan anak untuk menghadapi aliran air secara bertahap sebelum benar-benar menghadapi aliran air kolam renang secara langsung.


Tentu dalam prakteknya, posisi pelampung leher disesuaikan dengan kemampuan belajar si anak masing-masing dan bukan berdasarkan usianya. Jika masih belum bisa teratur, disarankan untuk menggunakan posisi awal.

Jika si kecil sudah mulai memasuki usia 3 tahun, bunda bisa mulai mengajarkannya untuk menahan nafas dengan membiarkannya masuk dan keluar permukaan air. Pada fase ini, bunda bisa melepas pelampung leher d'Floats size 1. Selanjutnya, bunda bisa meng-upgrade ke d'Floats size 2 yang bisa digunakan si kecil hingga usia 6 tahun.


Namun, semua itu tergantung kepada anak masing-masing karena faktor utama dalam mementukan keberhasilan si kecil dalam belajar berenang adalah kemampuan mental dan motorik pada anak. Itulah saran-saran penggunaan d'Floats sesuai usia si kecil. Dengan d'Floats, belajar berenang jadi lebih mudah!

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS