facebook pixel

Persiapan Melahirkan di Masa Pandemi COVID-19. Bunda Harus Tau!

Main Image: Persiapan Melahirkan di Masa Pandemi COVID-19. Bunda Harus Tau!

Kehamilan dan melahirkan adalah dua anugerah yang diidamkan semua wanita. Tapi, bagaimana jika bunda mengalami masa kehamilan dan harus melakukan persalinan di masa pandemi seperti ini?

Pandemi COVID-19 sendiri sudah menimbulkan kekhawatiran bagi banyak orang, khususnya mereka yang memiliki riwayat penyakit berat, anak-anak, dan lansia. Tak hanya itu, wanita hamil pun juga harus berhati-hati akan virus ini.

Bunda yang mau tak mau harus melahirkan di masa pandemi tidak perlu takut karena persalinan akan tetap berjalan lancar seperti biasanya. Hanya saja, bunda perlu menyiapkan beberapa hal ekstra agar bunda dan si kecil tetap dalam keadaan sehat dan terhindar dari penyakit.

Lalu, apa saja yang harus bunda siapkan sebelum melakukan persalinan di masa COVID ini? Berikut ulasannya.

1. Proteksi Kesehatan & Keamanan Diri

Pada dasarnya, kehamilan memang membuat daya tahan bunda berkurang. Karena itulah, ibu hamil sering merasa lemas dan cepat lelah. Untuk menjaga daya tahan tubuh, pastikan bahwa bunda mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin yang cukup. Jangan lupa untuk rutin berolahraga dan tidur yang cukup ya.

Selain itu, bunda juga harus melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Rajin-rajinlah mencuci tangan dengan sabun, hindari tempat ramai, menjaga physical distancing, menggunakan masker ketika keluar rumah, tidak mengunjungi orang sakit, serta menerapkan etika batuk dan bersin.

            (Baca juga: Tips Sukses Menyusui Untuk Ibu Muda. Bunda Sudah Tau?)

2. Pemeriksaan Kandungan

Dilansir dari salah satu sumber, menurut dr.Triani Ismella,Sp.OG dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, bunda bisa memeriksa kehamilan ketika usia janin memasuki 0 – 13 minggu. Seletahnya, bunda bisa melakukan pemeriksaan kembali ketika sudah memasuki 36 minggu untuk mempersiapkan kelahiran. Ibu hamil di trimester kedua disarankan tidak perlu ke rumah sakit selama tidak ada keluhan apa pun.

3. Test Wajib

Semua pasien yang masuk ke rumah sakit harus melakukan rapid test dan swab test sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku selama masa COVID-19. Karena itulah, bunda dan pendamping harus menjalani kedua test tersebut.

            (Baca juga: 9 Tips Menjaga Kehamilan Selama Pandemi COVID-19)

4. Pilihan Tempat Melahirkan

Pilihlah tempat melahirkan dengan cermat. Yang terpenting adalah tempat terebut aman untuk bunda dan bayi.

Jika bunda ingin melahirkan di rumah, bidan atau klinik, ada baiknya menyediakan mobil atau ambulans untuk berjaga-jaga jika terjadi kondisi yang mengharuskan bunda atau janin dilarikan ke rumah sakit.

Untuk bunda yang ingiin melahirkan di rumah sakit, pilihlah rumah sakit jauh-jauh hari. Bunda juga harus melakukan kontrol ke rumah sakit terkait sebelum persalinan.

5. Pendamping

Di masa pandemi ini, dokter tidak memperbolehkan tamu atau pengunjung untuk datang menjenguk ibu melahirkan. Pihak rumah sakit hanya memperbolehkan seorang pendamping untuk menemani. Jadi, baik bunda ataupun pendamping harus sama-sama dalam kondisi sehat ya.

Itulah beberapa hal yang harus bunda siapkan sebelum melahirkan di masa pandemi COVID-19.

Selain hal-hal tersebut, tentunya bunda juga harus menyiapkan peralatan dan perlengkapan bayi, bukan? Salah satu yang harus disiapkan adalah popok. Memilih popok pun tidak bisa sembarangn lho, bun. Karena jika sampai salah, popok bisa menyebabkan iritasi dan ruam pada kulit bayi.

Minikinizz menyediakan popok kain bayi yang aman untuk kulit bayi dan tentunya nyaman digunakan serta tidak menimbulkan iritasi karena tidak menggunakan campuran bahan kimia. Tersedia dalam berbagai ukuran sehingga cocok untuk newborn baby hingga bayi usia 2 tahun. Motifnya juga beragam lho, bun.

Yuk, miliki varian clodi Minikinizz sekarang!

Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS