facebook pixel

Tips Sukses Menyusui Untuk Ibu Muda. Bunda Sudah Tau?

Main Image: Tips Sukses Menyusui Untuk Ibu Muda. Bunda Sudah Tau?

Bunda yang baru pertama kali mendapatkan buah hati pasti memiliki banyak kekhawatiran terhadap cara merawat tumbuh kembang anak, salah satunya dalam hal menyusui. Kekhawatiran yang timbul misalnya, apakah payudara akan terasa sakit, apakah ASI bisa keluar dengan lancar, dan lainnya.

Menyusui memang tugas vital seorang ibu. Karena itulah, bunda harus memperhatikan beberapa hal agar bisa memberikan ASI yang berkualitas. Dilansir dari berbagai sumber, Minikinizz telah merangkum tips sukses menyusui untuk ibu muda.

1. Sadar, Sabar, Selesa (3S)

Dasar-dasar menyusui bayi adalah sadar, sabar, dan selesa. Sadar berarti bunda mengenali perilaku bayi. Misalnya, bayi yang lapar biasanya akan mengecap, mengusap mulut, atau mencari puting bunda. Dengan mengenali tanda-tanda ini, bunda tidak perlu menunggu bayi sampai menangis, ‘kan.

Saat menyusui, bunda juga harus sabar menunggu sampai si kecil kenyang. Biasanya dibutuhkan waktu 10 – 20 menit bagi bayi untuk menyusu.

Selanjutnya adalah selesa. Dalam bahasa Melayu, selesai artinya nyaman. Sebisa mungkin, buat bayi merasa nyaman dipelukan bunda selama menyusui.

            (Baca juga: Cegah Penularan Corona Pada Bayi dengan Cara Ini!)

2. Sentuhan Bayi & Kulit

Kontak kulit antara bunda dan bayi di hari-hari pertamanya sangat dibutuhkan untuk meningkatkan ikatan ibu dan anak. Saat memberikan ASI, bunda bisa meletakkan bayi diatas perut atau dada tanpa menggunakan pakaian. Selain membuat si kecil lebih cepat mengenal sentuhan ibunya, cara ini juga akan membuatnya merasa lebih tenang dan nyaman. Hal ini juga termasuk bagian dari Inisiasi Menyusui Dini (IMD) lho, bun.

3. Lakukan Pelekatan Menyusi

Pelekatan menyusui sangat berpengaruh pada kelancaran proses menyusui. Dilansir dari aladokter[dot]com, pelekatan menyusui adalah momen ketika bayi memasukkan puting dan areola (area gelap di sekitar puting) ke dalam mulutnya dan mulai mengisap ASI yang keluar dari payudara bunda. Berikut adalah beberapa tips melakukan pelekatan yang benar:

- Posisikan puting ke dalam mulut bayi dengan benar

- Kenali tanda awal lapar pada bayi

- Segera susui bila bayi menunjukkan tanda awal lapar

- Hindari penggunaan empeng dan sarung tangan bayi

4. Biarkan Si Kecil Menyusu Lebih Sering

Normalnya, bayi memang bisa menyusu lebih dari 8 kali sehari. Bunda tidak perlu khawatir dengan kondisi ini, ya. Ketika bayi sering menyusu, hal ini akan membantu meningkatkan berat badannya. Selain itu, pasokan ASI juga bisa semakin bertambah. Jadi, jangan batasi buah hati untuk menyusu ya, bun.

            (Baca juga: 9 Tips Menjaga Kehamilan Selama Pandemi COVID-19)

5. Atasi Nyeri Puting

Tak jarang bunda akan merasakan nyeri pada putting atau payudara ketika menyusui. Hal yang normal terjadi ini disebabkan oleh lecet pada putting karena bayi belum bisa menghisap dengan baik. Carilah posisi paling nyaman untuk bayi ketika menyusui.

Untuk mengatasi nyeri putting, bunda bisa melakukan beberapa tips berikut:

- Kompres puting atau payudara dengan air hangat.

- Basahi puting dengan ASI dan biarkan kering sendirinya.

- Gunakan krim khusus yang aman untuk bayi.

6. Makan Makanan Sehat

Bukan rahasia lagi kalau makanan yang dikonsumsi bunda berpengaruh pada kualitas ASI yang dihasilkan. Beberapa makanan yang dianjurkan untuk busui seperti salmon, susu rendah lemak, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah jeruk, blueberry, beras merah, dan lainnya.

Itulah beberapa tips sukses menyusui untuk ibu muda. Semoga informasi di atas bisa membantu bunda untuk merawat si kecil ya. Selamat mencoba, bun!

Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS