facebook pixel

Cegah Penularan Corona Pada Bayi dengan Cara Ini!

Main Image: Cegah Penularan Corona Pada Bayi dengan Cara Ini!

COVID-19 masih menjadi trending topic di seluruh belahan dunia dan belum dapat dipastikan kapan akan berakhir. Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China ini menular melalui percikan cairan (droplet) yang dikeluarkan ketika seseorang batuk atau bersin.

Virus corona akan mudah menyerang orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti orang dengan riwayat penyakit tertentu (diabetes, asma, jantung, dan lainnya), lansia, anak-anak, hingga bayi.

Bunda yang memiliki bayi tentu khawatir si kecil akan tertular. Lalu, bagaimana caranya agar virus corona tidak menular pada bayi? Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah tips-nya.

1. Selalu Terapkan Protokol Kebersihan & Kesehatan

Hal yang harus bunda perhatikan adalah kesehatan diri dan kebersihan lingkungan. Menjaga kebersihan adalah kunci utama untuk menghindari virus menempel pada tubuh kita. Cuci tangan sebelum berinteraksi dengan bayi dan gunakan masker ketika merasa kurang sehat.

Jika tidak memiliki masker medis, bunda bisa menggunakan masker berbahan kain untuk mencegah penularan virus.

Minikinizz menyediakan masker kain yang dibuat dengan bahan waterproof dan tentunya nyaman digunakan. Selain itu, setiap pembelian masker kain Minikinizz akan didonasikan untuk membantu orang-orang yang terdampak COVID-19.

2. Tutup Mulut & Hidung Saat Batuk

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, COVID-19 menyebar melalui droplet. Karena itulah, tutup mulut dan hidung bunda menggunakan tisu ketika batuk atau bersin. Jangan lupa untuk mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer setelahnya.

3. Rutin Memberi ASI

ASI (Air Susu Ibu) bisa menjadi penangkal virus yang efektif lho, bun. Hal ini karena ASI mengandung nutrisi dan antibodi yang akan melindungi bayi dari berbagai virus dan penyakit. Tapi jika ASI sudah tidak berproduksi, bunda bisa menggantinya menggunakan susu formula yang cocok dengan si kecil.

4. Kurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah Bayi

Jika orang dewasa saja dianjurkan untuk tidak menyentuh wajah mereka, maka bayi juga harus diperlakukan seperti itu. Kurangi kebiasaan mencium dan menyentuh wajah bayi untuk demi menjaga kesehatan dan mencegah risiko bayi tertular penyakit.

5. Jauhkan Bayi dari Orang Sakit

Daya tahan tubuh bayi yang lemah membuatnya mudah terserang penyakit. Maka dari itu, jauhkanlah si kecil dari orang sakit, bahkan jika itu keluarga. Bunda juga bisa memisahkan peralatan yang digunakan bayi seperti tempat makan, gelas, sendok, dan lainnya.

Selain pencegahan, bunda juga harus mengetahui gejala yang dapat muncul jika bayi tertular virus corona. Gejala-gejala tersebut seperti demam, batuk, sesak nafas, kurang mau menyusu/minum, lemas atau kurang aktif, dan diare. Jika bunda menemukan gejala ini pada si kecil, segera bawa ia ke dokter terdekat.

Itulah beberapa tips yang dapat bunda lakukan untuk mencegah penularan virus corona pada bayi. Semoga informasi di atas dapat memnatu bunda dan keluarga agar selalu sehat ya. Stay healty, bun!  

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS