facebook pixel

Tips & Trik: Bagaimana Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari?

Main Image: Tips & Trik: Bagaimana Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari?

Bayi, khususnya yang baru lahir, membutuhkan waktu tidur lebih banyak dari orang dewasa. Biasanya, mereka tidur selama 15 – 17 jam sehari. Kalau dibandingkan dengan kita yang sudah dewasa tentu sangat jauh berbeda ya, bun. Namun, kebanyakan bayi tidak langsung menghabiskan waktu hingga 4 jam sekali tidur, baik pada siang maupun malam hari.

Dilansir dari orami[dot]id, Danny Lewin, Ph.D. dari Children's National Medical Center Washington, D.C, Amerika Serikat mengatakan bahwa beberapa bayi tidur untuk waktu yang lebih lama pada usia 4 hingga 6 bulan, dan akan mulai tidur sepanjang malam selama lebih dari 8 jam setelah usianya 6 bulan.

Hal ini disebabkan oleh pengurangan pemberian makan malam yang dapat mempengaruhi kemampuan bayi untuk tidur sepanjang malam. Karena pengurangan makan baru bisa dilakukan setelah usianya 6 bulan, bayi dengan usia 0 – 5 bulan akan lebih sering terbangun ketika malam hari.

            (Baca juga: Tips Memilih Popok Kain Bayi Berdasarkan Usia)

Tapi tahukan bunda, ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan agar si baby bisa tidur lebih nyenyak dan lama di malam hari lho. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini ya, bun.

Buat Jadwal Tidur Untuk Si Kecil

Memang, si kecil tidak bisa terjaga untuk waktu yang lama. Namun bukan berarti mereka tidak bisa memiliki jadwal tidur. Jadwal yang dibuat tentu tidak seketat jadwal tidur orang dewasa. Bunda hanya perlu menghitung waktu yang dibutuhkan baby untuk tidur.

Misalnya, bayi yang berusia sekitar 8 minggu biasanya tidur selama 6 jam di malam hari tanpa membutuhkan makan. Nah, agar bunda juga bisa tidur nyenyak di malam hari, posisikan baby agar tidur pukul 22:00 agar ia bisa bangun kembali pukul 04:00 pagi.

Agar bayi bisa tetap terjaga hingga pukul 22:00, bunda bisa mengajaknya beraktivitas seperti mengajak bermain, mengobrol, mendengarkan musik, atau hal lain yang bisa mempererat ikatan bunda dan baby.

Pelajari Waktu Siang-Malam Bayi

Bayi memang belum bisa membedakan siang dan malam, namun bunda masih tetap bisa mengajarkannya untuk membedakan kedua kondisi ini lho.

Untuk melakukannya, bunda bisa membuat suasana yang berbeda pada kedua kondisi ini. Misalnya, ajak si kecil untuk lebih aktif pada siang hari seperti berjalan-jalan ke luar rumah atau bermain. Untuk menunjukkan hari sudah malam, bunda bisa membuat suasana lebih tenang seperti dengan mematikan lampu kamar untuk menandakan bahwa sudah waktunya si kecil untuk tidur.

Biasakan Bayi untuk Tidur Siang

Bunda, coba biasakan si baby untuk tidur siang teratur ya. Bayi berusia 4 bulan hingga 1 tahun biasanya membutuhkan 2 - 4 kali tidur siang setiap harinya. Yang harus bunda perhatikan adalah waktu tidur. Jangan sampai bayi tidur siang hingga 3 sampai 4 jam karena hal ini justru akan mengganggu jam tidur malamnya.

            (Baca juga: Fakta-Fakta Bayi Baru Lahir yang Harus Bunda Tau)

Berikan Teman Tidur untuk Si Kecil

Cara lain yang bisa bunda lakukan untuk membuat si kecil tidur lebih nyaman di malam hari adalah dengan memberinya “teman”. Secara tidak langsung, hal ini akan berpengaruh pada kemandirian bayi ketika ia sudah terbiasa terbangun tanpa bunda disampingnya.

Tapi bunda tetap harus memperhatikan “teman” yang dipilih ya. Jangan sampai “teman” ini mengganggu kenyamanan apalagi kesehatan si kecil.

Jaga Agar Si Baby Tetap Kering

Siapa sih yang bisa tidur nyenyak dalam keadaan basah atau lembab? Tak hanya orang dewasa, bayi juga merasakannya lho, bun. Hal ini bisa disebabkan oleh popok yang sudah terlalu penuh ketika digunakan saat tidur. Karena itulah, bunda harus memilih popok yang nyaman dan mudah menyerap cairan untuk si kecil.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan popok kain atau clodi (cloth diaper).

Bunda dapat memilih clodi dari Minikinizz untuk si kecil karena terbuat dari bahan yang lembut dan mudah menyerap cairan sehingga sangat cocok digunakan di malam hari. Motifnya yang beragam juga akan membuat baby terlihat lebih menggemaskan lho, bun!

Buat Suasana Kamar yang Nyaman

Buatlah suasana kamar senyaman mungkin untuk bayi. Sesuaikan suhu ruangan serta pencahayaan ruangan. Bunda juga bisa menambah kenyamanan kamar dengan memutar musik bernuansa mellow. Meski terlihat sederhana, nyatanya cara ini sangat membantu bayi untuk tidur lebih lama dan tenang lho.

Itulah beberapa tips yang bisa bunda lakukan agar si kecil tidur nyenyak di malam hari. Intinya, pastikan si kecil selalu merasa nyaman ya, bun. Dengan begitu, kualitas tidurnya pun tidak akan terganggu. Selamat mencoba, bunda! 

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS