facebook pixel

Traveling Bareng Si Kecil, Apa Saja yang Harus Bunda Siapkan?

Main Image: Traveling Bareng Si Kecil, Apa Saja yang Harus Bunda Siapkan?

Traveling bersama keluarga adalah momen yang paling ditunggu setiap orang. Bagaimana tidak, setelah penat dengan aktivitas dan pekerjaan sehari-hari, tentunya bunda perlu me-refresh pikiran agar tidak stress.

Tapi, bunda yang memiliki bayi biasanya sering ragu untuk pergi traveling, apalagi jika si kecil masih berusia di bawah 1 tahun dan sedang rewel-rewelnya. Selain itu, perlengkapan yang harus dibawa pun pasti lebih banyak.

Agar bunda bisa tetap merasa nyaman saat bepergian bersama si kecil, ada beberapa hal yang harus disiapkan, diantaranya:

Obat-Obatan

Daya tahan tubuh bayi yang masih lemah membuatnya rentan untuk terkena penyakit. Untuk menghindarinya, bunda bisa membawa obat-obatan yang sesuai dengan usianya. Bunda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui obat apa yang harus dibawa.

Selain itu, bunda juga harus membawa perlengkapan seperti minyak telon dan balsam untuk mencegah bayi kedinginan selama traveling.

Menyiapkan Semua Kebutuhan Bayi

Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah menyiapkan semua perlengkapan dan kebutuhan bayi, mulai dari baju, celana, sarung tangan, kaos kaki, selimut, jaket, topi, hingga popok. Jangan lupa juga untuk membawa tisu kering dan tisu basah.

Selain itu, bunda juga bisa membawa alat pompa ASI beserta perlengkapannya sebagai persiapan asupan baby selama traveling.

            (Baca juga: Tips & Trik: Bagaimana Agar Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari?)

Mainan Bayi

Seperti yang kita tau, bayi sangat mudah merasa bosan dengan suasana di sekitarnya, apalagi jika bunda menempuh perjalanan jauh dan memakan waktu lama di kendaraan. Nah agar si baby tidak rewel, bunda bisa menyiapkan beberapa mainan kesayangannya. Bawalah mainan yang kecil dan simpel yang tidak memakan banyak ruang.

Tempat Menginap yang Nyaman

Hal penting lainnya yang harus bunda siapkan adalah penginapan yang nyaman dan aman untuk si kecil. Sebisa mungkin, pilihlah penginapan yang sesuai dengan kebutuhan bunda dan keluarga, misalnya jauh dari kebisingan, memiliki sanitary yang baik, dan lainnya.

Gendongan Bayi

Membawa gendongan bayi akan memudahkan bunda mengurus si kecil selama traveling. Pilihlah gendongan yang simpel dan berkualitas baik agar leher bunda atau ayah tidak pegal saat menggendong bayi.

            (Baca juga: Penggunaan Popok Sekali Pakai Ternyata Tidak Ramah Lingkungan!)

Baby Stroller

Selain gendongan, bunda juga bisa membawa stroller. Namun yang harus diperhatikan adalah ukuran stroller bayi. Jika bunda menggunakan pesawat, perhatikam batas bagasi kabin yang diperbolehkan, apakah stroller bisa ikut masuk? Jika naik kendaraan roda empat, bagaimana cara menyimpannya?

Cemilan

Selain dengan mainan, bunda juga bisa menenangkan bayi yang rewel dengan memberikan makanan ringan kesukaannya. Bawalah biskuit atau roti kesukaannya. Jangan lupa untuk membawa celemek bayi (bib) ya, bun.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan jika bunda ingin traveling dengan baby. Memang sedikit rumit, namun demi kenyamanan bunda dan keluarga, taka da salahnya melakukan hal-hal tersebut bukan?

Jadi, bunda mau traveling kemana besok?

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS