facebook pixel

Cara Ampuh Atasi Pilek Pada Bayi

Main Image: Cara Ampuh Atasi Pilek Pada Bayi

Pilek sering kali terjadi pada bayi, hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh pada bayi belum matang. Sehingga berbagai macam virus dengan mudahnya dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh si kecil. Biasanya pilek pada bayi ditandai dengan adanya cairan jernih atau ingus pada hidung, napas terganggu dan membuatnya menjadi rewel hingga sulit tidur. Tak hanya itu, bahkan bayi akan mengalami sedikit demam juga.

Pilek memang cukup mengganggu aktivitas ya, bun. Kita sebagai orang dewasa saja merasa tidak nyaman, apalagi si kecil. Untuk itu, bagaimana cara mengatasi pilek pada bayi? Berikut Minikinizz sudah merangkum cara-cara terampuh yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi pilek pada bayi, sebagai berikut:

Bersihkan Hidung

Bun, cobalah untuk keluarkan lendir atau ingus pada hidung si kecil. Gunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat, hal ini untuk mencegah terjadinya pengerasan ingus yang terjadi di dalam hidung. Jika pilek pada si kecil dirasa cukup mengganggu dan tidak bisa di keluarkan, cobalah untuk meneteskan saline (cairan garam yang dijual di apotek) ke ujung lubang hidung bayi untuk mengencerkanya. Kemudian bersihkan dengan penyedot ingus bayi.

Hindari ruangan ber-AC

Agar hidung bayi tidak semakin tersumbat, maka tempatkanlah bayi di ruangan yang tidak ber AC dan Selain itu bunda juga bisa memberikannya minyak esensial seperti mentol atau tepuk perlahan punggung bayi untuk membantu meringankan pernapasannya yang tersumbat.

Hirup uap air hangat

Cara selanjutnya untuk mengatasi pilek pada bayi adalah memberikan uap air hangat untuk melegakan hidung bayi yang tersumbat. Caranya adalah sediakan air hangat pada baskom dan bantulah si kecil untuk bisa menghirup uap air tersebut. Atau, Bunda bisa membawa si kecil ke kamar mandi dan menyalakan shower air hangat. Sehingga bayi dapat menghirup uapnya dan lendir pada hidung dapat mengalir dengan normal.

Beri istirahat yang cukup

Pilek memang membuat bayi tidak nyaman dan kerap kali membuatnya lebih rewel, sehingga menyebabkan sulit tidur. Untuk itulah, bunda perlu membantunya beristirahat dengan cukup. Caranya dengan memberikan suasana yang nyaman dan menggendongnya dengan pelukan hangat sambil memberikan ASI yang cukup agar tidak terjadinya dehidrasi. Pasalnya saat bayi mengalami pilek ia mengeluarkan cairan lewat hidung yang bisa mengakibatkan dehidrasi.

Jangan sembarang memberikan obat

Hindari penggunaan obat-obat bebas pada anak, sebaiknya obat-obatan yang diberikan selalu dalam pengawasan dokter. Hal ini digunakan untuk menghindari efek samping yang berbahaya. Sebagai obat alami, cobalah berikan ASI dan istirahat yang cukup. Jika si kecil tidak kunjung membaik, segera minta pertolongan medis, untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Begitulah cara ampuh untuk mengatasi pilek pada bayi, semoga Si Kecil cepat sembuh ya bunda.

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS