facebook pixel

Si Kecil Tidur Pulas, Bolehkah Bunda Mengganti Popoknya?

Main Image: Si Kecil Tidur Pulas, Bolehkah Bunda Mengganti Popoknya?

Bunda mana sih yang tidak bahagia ketika melihat si kecil tidur pulas? Melihat bayi tenang dan tidak rewel serta dapat mengerjakan pekerjaan rumah dengan santai tentu menjadi saat yang paling ditunggu. Tapi ketika bunda tiba-tiba mencium bau tak sedap dari popok si kecil, apakah bunda harus menunggu sampai ia bangun atau segera menggantinya?

Di satu sisi, bunda ingin si kecil tetap tertidur tanpa gangguan. Tapi di sisi lain, bunda juga tak ingin bokongnya iritasi.

Lalu, pilihan mana yang harus bunda ambil?

Rata-rata bayi buang air besar dalam 3 – 4 jam sekali. Bunda pasti juga tau kalau sebagian besar waktu bayi digunakan untuk tidur. Hal ini tentu memungkinkan ia poop saat terlelap, bahkan ketika malam hari.

Jika kondisinya adalah bayi poop saat tidur, bunda harus segera mengganti popoknya. Dilansir dari Orami, menurut Dr. Ari Brown, kotoran dapat menimbulkan penyakit pada kulit bayi, seperti iritasi hingga infeksi kandung kemih. Untuk menjaganya tetap tenang dan cepat tidur kembali, ganti popok dengan cepat dan sebisa mungkin dalam keadaan gelap.

(Baca juga: Tips Memilih Popok Untuk Bayi Baru Lahir)

Lain halnya jika baby hanya buang air kecil. Dilansir dari Orami, menurut Kathleen Mochoruk,  perawat dan konsultan laktasi dari Baby Prep Prenatal Sessions di Vancouver, urin bayi tidak terlalu pekat sehingga tidak terlalu mengganggu kenyamanannya.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah jika si kecil memiliki masalah kulit seperti ruam atau iritasi. Jika bayi memiliki masalah ini, maka segera ganti popok yang basah meskipun ia sedang tertidur pulas untuk menghindari luka semakin parah.

Adakah cara yang bisa bunda lakukan untuk mencegah ruam popok?

Untuk mencegah ruam atau iritasi kulit si kecil, salah satu cara yang bisa bunda lakukan adalah mengoleskan krim anti ruam popok. Selain itu, bunda juga harus memilih popok yang berkualitas agar nyaman digunakan baby.

(Baca juga: Popok Kain Jadi Tren Baru Orang Tua Millennial)

Clodi (cloth diaper) menjadi salah satu jenis popok pilihan banyak bunda. Penggunaan bahan dasar kain yang aman dan bebas bahan kimia menjadi salah satu keunggulan untuk menghindari terjadinya iritasi pada bayi. Selain itu, bahan yang lembut juga menjadi alasan para bunda memilih popok clodi.

Minikinizz merupakan salah satu brand popok kain bayi dari Indonesia. Popok clodi Minikinizz terbuat dari bahan yang lembut dan aman untuk kulit si kecil. Bunda pun tidak perlu khawatir memakaikan popok kain bayi Minikinizz pada bayi karena sudah ber-SNI. Yuk, pesan clodi Minikinizz sekarang!

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS