facebook pixel

Be Careful, Bun! Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mengganti Popok Bayi

Main Image: Be Careful, Bun! Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mengganti Popok Bayi

Popok kini menjadi sebuah kebutuhan utama bagi para ibu, khususnya mereka yang sering bepergian membawa balita. Popok clodi merupakan salah satu jenis popok yang banyak digunakan. Peminatnya pun kian hari kian bertambah, karena memang banyaknya kelebihan dari popok kain bayi ini.

Tapi, tahukah bunda bahwa ternyata terdapat beberapa kesalahan saat mengganti atau memakaikan popok yang sering dilakukan oleh para ibu? Meskipun terlihat mudah, ternyata tak sedikit lho ibu-ibu di luaran sana yang menjadikan kesalahan-kesalahan tersebut sebagai kebiasaan.

Nah, agar bunda tidak melakukan kesalahan yang sama hingga akhirnya menimbulkan kerugian pada si kecil (seperti iritasi atau ruam pada kulit), Minikinizz telah merangkum beberapa kesalahan yang sering terjadi saat mengganti popok bayi. Simak betul-betul ya, bun!

Kesalahan dalam Mengganti Popok Bayi

Tidak Bersiap-Siap Terlebih Dahulu

Menyiapkan popok sebelum memakaikannya ternyata sangat penting lho, bun. Sering kali, popok tidak berada dalam jangkauan, misalnya ada di dalam lemari. Kalau begini, bunda harus meninggalnya si baby untuk mengambil popok. Coba bayangkan jika saat ditinggal, si baby berguling-guling dan jatuh, bahaya sekali ‘kan?

Harus bunda ingat, jangan pernah meninggalkan bayi sendirian di atas kasur, apalagi jika kasur tersebut tinggi dan tanpa pengaman!

Cara Membersihkan yang Keliru

Hal penting yang harus dilakukan sebelum memakaikan popok pada bayi adalah membersihkan bagian kemaluannya. Mungkin bunda menganggap ini hal sepele. Tapi, tahukah bunda bahwa ternyata cara membersihkan ini berpengaruh pada kesehatan bayi lho.

Khusus untuk balita perempuan, bersihkan kemaluannya dari arah depan ke belakang (ke arah anus) dan jangan sebaliknya. Cara membersihkan yang salah dapat mengakibatkan bakteri masuk ke dalam anus dan berpotensi mengakibatkan infeksi saluran kemih.

(Baca juga: Tetap Awet dan Bersih, Begini Cara Merawat Clodi yang Benar)

Tidak Menyesuaikan Ukuran Popok

Bunda, pilihlah popok sesuai dengan berat badan si kecil ya. Karena si baby terus tumbuh dan berkembang, beratnya pun juga akan terus bertambah. Karena itulah, jangan membeli popok yang sama tanpa mengetahui dengan pasti berat badannya.

(Baca juga: Tips Memilih Popok Kain Bayi Berdasarkan Usia)

Memasang Popok Terlalu Ketat

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah memasang popok terlalu ketat. Tujuan dari dilakukannya cara ini mungkin bagus, yaitu agar kotoran tidak bercecer saat bayi buang air kecil/besar. Tapi, bunda harus tau bahwa hal ini bisa membuat baby tidak nyaman dan menimbulkan guratan pada kulit perutnya.

Jarang Mengganti Popok

Rata-rata orang Indonesia mengganti popok bayi 3 – 6 kali sehari. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal ini. Hanya saja jika dibandingkan dengan negara-negara lain, frekuensi ini masih dikatakan jarang lho.

Di Jepang, para ibu mengganti popok bayi mereka hingga 8 kali sehari. Hal ini dilakukan untuk melindungi kulit bayi yang strukturnya masih sangat tipis dan rentan untuk terkena infeksi ataupun ruam.

Nah untuk popok clodi, bunda bisa mengetahui kebutuhan yang dibutuhkan dalam sehari di sini.

Kurangnya Kesadaran Akan Kebersihan

Kesalahan terakhir yang sering dilakukan para ibu setelah mengganti popok bayi adalah lupa mencuci tangan. Bunda tentu mengerti jika saat mengganti popok, kemungkinan besar tangan akan terkena bakteri dan juga kuman. Karena itulah, jangan lupa mencuci tangan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bunda serta orang-orang di sekitar.

Itulah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat mengganti popok bayi. Bagaimana, apakah tanpa sadar bunda juga melakukan hal-hal tersebut? Yuk, segera perbaiki kebiasaan demi kenyamanan diri sendiri dan pastinya si kecil.

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS