facebook pixel

Tips Mencuci Clodi Dengan Mesin Cuci

Main Image: Tips Mencuci Clodi Dengan Mesin Cuci

Penggunaan cloth diaper atau clodi kini semakin marak dan menjadi primadona sebagian besar para bunda. Faktor kesehatan dan ekonomi adalah salah satu alasan kenapa para bunda ini memilih clodi (Popok kain bayi) sebagai pilihan yang tepat untuk si kecil. Selain itu, sifat popok kain yang tidak merusak lingkungan dan banyaknya pilihan motif lucu yang beragam menjadi alasannya.

Bunda, saat ini begitu banyak pilihan popok clodi yang tersedia mulai dari model, warna hingga bahan kainnya. Dengan adanya hal ini, tentu bunda harus berhati-hati dalam memilih clodi. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap investasi clodi dalam jangka panjang, untuk itu pilihlah popok clodi yang berkualitas dan berstandar SNI walaupun sekilas harganya terlihat mahal. Namun hal ini, akan membantu bunda dalam mengirit pengeluaran jangka panjang karena bunda tidak perlu lagi sering membeli popok.

Agar popok clodi bertahan lama dan dapat diwariskan ke adik, bunda perlu memberikan perawatan khusus. Terutama dalam mencuci dengan benar. Jika bunda ingin mencuci popok clodi dengan mesi cuci, tidak ada salahnya asalkan mengikuti langkah-langkah berikut ini: 


  1. Hal yang pertama dalam mencuci clodi dengan menggunakan mesin cuci adalah memisahkan clodi dengan pakaian bayi yang lainnya. Kemudian cuci popok clodi secara terpisah.

  2. Sebelum masuk mesin cuci, Insert kotor dicuci secara terpterpisah dengan merendamnya di air hangat bercampur deterjen. Hindari langkah ini jika bagian insert dijahit menjadi satu dengan cover. Lalu cuci bersama dengan cover jika keduanya memiliki instruksi perawatan yang sama. Sekali lagi, perhatikan label perawatannya.

  3. Jangan terlalu banyak memasukan clodi ke dalam mesin cuci. Hal ini bertujuan agar mesin cuci dapat membersihkan popok clodi secara sempurna serta menghindarkan clodi dari gesekan berlebih satu sama lain.

  4. Untuk popok clodi yang berbahan katun, cuci pada air bersuhu 600C. Untuk bahan yang lain ikuti petunjuk pada label perwatan untuk memastikannya karena beberapa bahan mungkin perlu menggunakan air bersuhu lebih rendah.

  5. Setelah proses mencuci clodi selesai, pastikan clodi terbebas dari busa deterjen. Jika bunda masih menemukannya, cobalah bilas dan cuci kembali. Apabila popok clodi sudah dicuci dan masih menimbulkan aroma tidak sedap, coba ulangi mencuci clodinya hal ini menandakan kuman-kuman belum benar-benar hilang selama proses pencucian pertama.

  6. Setelah itu, coba keringkan clodi di udara terbuka. Tapi ingat bunda, pilihlah area yang teduh dengan sirkulasi udara yang lancar atau manfaatkan sinar matahari pagi dan sore saat panasnya tidak terlalu menyengat. Apabila bunda mengeringkannya langsung di bawah terik matahari, hal ini akan menyebabkan clodi menjadi kaku.


Bunda, sudah tahukah bagaimana cara mencuci popok clodi menggunakan mesin cuci? Jangan sampai salah lagi dan perhatikan langkah-langkah di atas ya, demi menjaga kualitas popok clodi agar tetap terjaga kualitasnya.

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS