facebook pixel

9 Tips Menjaga Kehamilan Selama Pandemi COVID-19

Main Image: 9 Tips Menjaga Kehamilan Selama Pandemi COVID-19

Bunda yang saat ini tengah menjalani masa kehamilan tentu memiliki rasa khawatir dengan adanya pandemi COVID-19. Selain mengancam kesehatan diri, virus ini juga bisa membahayakan bagi kesehatan janin. Belum lagi memikirkan proses persalinan yang akan dijalani.

Kadar stress merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan kandungan. Dilansir dari suatu sumber, menurut Intan Erlita, M.Psi, sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental ibu hamil selama pandemi:

1. Tidur yang cukup

Susah tidur memang masalah yang sering dialami oleh wanita hamil. Tapi demi kesehatan diri dan kandungan, bunda harus memiliki memiliki waktu tidur yang cukup dan teratur untuk menghindari stress.

2. Lakukan hobi selama karantina

Diam di rumah pasti membuat bunda merasa bosan. Alhasil, bunda bisa saja jadi lebih sering memikirkan hal-hal negatif tentang COVID-19. Untuk mengatasinya, lakukanlah hobi yang mungkin selama ini tidak bisa dilakukan karena terlalu sibuk. Misalnya, bunda yang menyukai lukisan bisa mulai mencoba untuk melukis, dan lain sebagainya.

            (Baca juga:  Mengenali Ciri-Ciri Awal Infeksi Virus Corona Pada Ibu Hamil!)

3. Meditasi

Jika diperlukan, bunda jika bisa melakukan meditasi mandiri di rumah. Bunda bisa mengikuti kelas meditasi atau yoga online atau mengikuti instruktur lewat youtube. Cara ini cukup efektif untuk menurunkan kadar stress bunda, lho.

4. Kurangi penggunaan social media

Social media menjadi tempat paling mudah untuk mendapatkan informasi, khususnya di masa pandemi ini. Tapi tak jarang berita yang tersebar adalah hoax atau tidak benar. Nah, agar bunda tidak ‘termakan gosip’, ada baiknya untuk mengurangi penggunaan social media dan menggantinya dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat seperti membaca buku dan lainnya.

5. Keep in touch

Tetaplah berkomunikasi dengan keluarga dan teman selama karantina mandiri. Meski tidak bisa bertemu secara langsung, bunda masih bisa menyapa kerabat melalui telepon atau video call. Menelpon orang-orang terkasih bisa juga bisa membangkitkan mood, lho.

            (Baca juga:  Cegah Penularan Corona Pada Bayi dengan Cara Ini!)

Tak hanya kesehatan mental, kondisi fisik juga sangat berpengaruh dengan kesehatan kandungan lho, bun. Lalu, apa saja yang bisa bunda lakukan untuk menjaga kehamilan?

1) Hindari keramaian

Hal yang pasti harus bunda lakukan selama masa pandemi adalah menghindari keramaian dan stay at home. Jangan pergi ke tempat ramai jika bukan untuk keperluan mendesak seperti mengecek kandungan dan lainnya.

2) Makan makanan bergizi

Seperti yang kita tau, virus corona menyerang orang-orang dengan daya tahan tubuh rendah. Itulah sebabnya bunda harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan protein, serta sayur dan buah-buahan. Selain itu, ibu hamil juga dianjurkan mengkonsumsi makanan yang tinggi vitamin dan kalsium.

            (Baca juga:  Yuk Jaga Daya Tahan Tubuh si Kecil Untuk Kecerdasannya!)

3) Rajin mencuci tangan

Hal paling penting yang harus dilakukan selama pandemi COVID-19 ini adalah rajin mencuci tangan untuk menghindari penyebaran virus. Cucilah tangan bunda dengan sabun dan air mengalir. Bunda juga bisa menggunakan handsanitizer jika ingin lebih optimal.

4) Senam hamil

Untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, bunda dianjurkan melakukan olahraga secara rutin selama 30 menit, seperti senam hamil atau yoga. Tidak perlu datang ke pusat kebugaran, bunda bisa melakukannya di rumah dengan mengikuti instruktur lewat internet.

Itulah beberapa tips menjaga kehamilan yang bisa bunda ikuti. Semoga informasi di atas bisa membantu bunda dan janin agar selalu sehat ya!

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS