facebook pixel

Tips Bunda: Memilih Makanan Sehat Untuk Bunda Hamil

Main Image: Tips Bunda: Memilih Makanan Sehat Untuk Bunda Hamil

Saat hamil, makanan merupakan salah satu faktor terpenting yang sangat diperhatikan. Hal ini karena makanan berpengaruh langsung pada kondisi bayi di dalam perut sehingga bunda perlu berhati-hati memilih asupan.

Berdasarkan salah satu sumber, Dr. Joanna McMillan, ahli gizi asal Australia mengatakan bahwa wanita yang tengah hamil perlu menjaga pola makannya, termasuk asupan bergizi. Namun tetap harus berhati-hati karena beberapa jenis makanan juga bisa menjadi masalah bagi bayi kelak.

            (Baca juga: Sedang Tren, Ternyata Ini Lho Keuntungan Menggunakan Clodi)

Lalu, asupan makanan seperti apa sih yang harus bunda pilih?

1. Makanan Pokok Berserat Tinggi

Bunda hamil membutuhkan lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Karena itulah, makanan berserat tinggi merupakan hal yang sangat diperlukan.

Nasi merah, roti gandum utuh atau tepung gandum utuh dapat menjadi pilihan yang baik untuk bunda hamil. Untuk variasi pilihan makanan, bunda juga bisa memilih kentang, singkong atau umbi-umbian lainnya. Ada baiknya jika bunda menghindari makanan yang menggunakan banyak minyak atau santan untuk menghindari asupan lemak yang berlebihan.

2. Buah Matang Sempurna

Ada beberapa jenis buah yang harus dihindari oleh wanita hamil, misalnya nanas. Nah untuk jenis buah lainnya, tingkat kematangan buah adalah hal yang harus bunda perhatikan. Ada baiknya jia bunda memilih buah yang matang sempurna untuk menghindari timbulnya gangguan pencernaan.

3. Makanan Berprotein Hewani yang Segar & Diolah Dengan Matang

Sudah bukan rahasia lagi kalau protein hewani sangat baik untuk kehamilan. Namun bunda harus memastikan bahwa makanan yang dipilih benar-benar dimasak dengan matang. Selain itu, bahan yang digunakan juga harus segar alias bukan kalengan atau awetan. Beberapa makanan yang bisa bunda pilih diantaranya daging merah, daging unggas dan ikan.

            (Baca juga: 6 Hal yang Harus Bunda Hindari Saat Menghadapi Anak Tantrum)

4. Minyak Nabati

Bunda hamil lebih disarankan untuk menggunakan minyak nabati dibanding hewani, seperti minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak biji-bijian. Hal ini bertujuan untuk mengurangi asupan lemak jenuh dalam tubuh.

5. Jajanan Sehat

Selain makanan pokok, tentu saja bunda membutuhkan cemilan. Sebelum hamil, mungkin bunda terbiasa mengonsumsi snack yang banyak mengandung pengawet. Tapi karena sedang hamil, bunda tentu harus lebih selektif.

Bunda bisa memilih salad buah, bubur kacang hijau, kacang edamame rebus atau susu kacang kedelai.

6. Kalsium

Selain makanan, bunda hamil juga membutuhkan asupan kalsium untuk pertumbuhan tulang janin. Selain susu yang kaya kalsium, bunda juga bisa mengonsumsi keju, yoghurt, selada air, bayam, brokoli, almond serta kedelai untuk mencukupi kebutuhan kalsium.

Itulah beberapa makanan sehat yang harus bunda konsumsi ketika hamil. Selain makanan, bunda juga harus memperhatikan kondisi psikologi karena hal ini juga akan mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS