facebook pixel

Sedang Tren, Ternyata Ini Lho Keuntungan Menggunakan Clodi

Main Image: Sedang Tren, Ternyata Ini Lho Keuntungan Menggunakan Clodi

Banyak bunda yang kini beralih dari menggunakan popok sekali pakai (pospak) ke cloth diaper (clodi) atau popok kain untuk anak-anaknya. Meskipun pospak lebih praktis karena bisa langsung dibuang setelah dipakai, banyak bunda yang kini semakin sadar akan produk popok yang lebih baik.

Sebenarnya, popok kain sudah pernah digunakan oleh orang tua jaman dulu. Hanya saja, kain yang digunakan tidak bisa menampung banyak cairan sehingga harus langsung diganti ketika si kecil buang air. Inilah yang menjadi awal mula munculnya pospak atau disposable diaper.

Munculnya pospak tentu sangat membantu bunda karena tidak perlu repot mengganti popok setiap si baby pipis atau pup. Namun, banyaknya masalah kulit seperti ruam dan iritasi yang disebabkan oleh pospak membuat beberapa orang termotivasi untuk membuat popok serupa namun lebih aman untuk si kecil. Dan muncullah clodi atau cloth diaper.

Pada akhirnya, popok clodi menjadi solusi bagi para bunda untuk mengindarkan si kecil dari bahaya pospak.

Bunda yang sampai sekarang masih ragu untuk memakaikan clodi pada si kecil, yuk simak dulu keuntungan menggunakan clodi di bawah ini.

            (Baca juga: Tips Memilih Popok Kain Bayi Berdasarkan Usia)

Manfaat Menggunakan Clodi

Menghindari Alergi & Iritasi

Keuntungan pertama yang akan bunda rasakan adalah si kecil jadi jarang terkena alergi dan iritasi. Ini beneran lho, bun. Hal ini disebabkan oleh bahan clodi yang lebih ramah kulit dibanding pospak.

Biasanya, ruam kulit pada bayi terjadi karena gesekan antara kulit dengan bahan pospak. Karena clodi dibuat menggunakan bahan yang lembut dan nyaman, masalah kulit seperti iritasi dan alergi tentunya juga bisa dihindari.

Keuntungan ini didukung oleh pernyataan dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Seotomo Surabaya. Beliau mengatakan bahwa clodi lebih baik untuk kesehatan karena peluang bayi yang memakai clodi terkena iritasi lebih kecil dibanding bayi yang menggunakan popok sekali pakai.

Lebih Hemat

Keuntungan selanjutnya adalah lebih hemat. Bunda tidak perlu ragu lagi dengan hal ini. Meski harganya lebih mahal dibanding pospak, popok clodi jauh lebih hemat karena bisa dicuci dan dipakai berulang-ulang. Bahkan sampai si kecil mulai tumbuh besar dan memiliki adik lagi.

Belum percaya clodi lebih hemat dibanding pospak? Baca ulasannya di sini.

Bebas Bahan Kimia

Kulit bayi, khususnya yang baru lahir, sangat sensitif terhadap banyak hal. Termasuk dengan barang-barang yang dipakainya. Sebagian besar disposable diaper menggunakan bahan kimia untuk memberikan efek anti bocor. Tapi hal ini bisa jadi berbahaya untuk si kecil jika kulitnya sensitif.

Berbeda dengan popok clodi. Popok berbahan dasar kain ini terbuat dari bahan alami yang tentunya aman dan nyaman untuk kulit si kecil.

            (Baca juga: Bahan Clodi Menentukan Harga, Benarkah?)

Lebih Nyaman

Umumnya, clodi terbuat dari bahan-bahan alami yang aman dan nyaman untuk si kecil. Beberapa bahan yang sering digunakan dalam pembuatan clodi seperti tanaman bambu, tanaman hemp, dan wool. Bahan-bahan ini dapat memberikan efek sejuk saat dipakai.

Toilet Training

Banyak yang mengatakan bahwa anak yang memakai clodi akan lebih mudah diajari toilet training ketimbang anak yang menggunakan disposable diaper. Namun untuk lebih memastikan si kecil benar-benar menjalankan toilet trainingnya dengan benar, bunda bisa menggunakan training pant.

Itulah beberapa keuntungan menggunakan cloth diaper yang harus bunda tau. Bagaimana, masih ragu memakaikan clodi untuk si kecil?

Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS