facebook pixel

Yuk Jaga Daya Tahan Tubuh si Kecil Untuk Kecerdasannya!

Main Image: Yuk Jaga Daya Tahan Tubuh si Kecil Untuk Kecerdasannya!

Memiliki daya tahan tubuh yang baik tentu akan memberikan berdampak positif bagi kesehatan kita semua, dan kedua hal tersebut adalah hal utama dalam hidup,  untuk itu kita semua perlu menjaganya. Termasuk, untuk si kecil.

Tapi tahukah bunda, ternyata daya tahan tidak hanya penting untuk kesehatan, melainkan juga untuk tumbuh kembang dan kecerdasan anak lho! Sebuah penelitian menjunjukkah bahwa anak yang aktif ternyata salah satu tanda jika ia akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berprestasi.

Sebenarnya, semua anak itu aktif dan berpotensi tumbuh cerdas. Namun, sayangnya hal ini bergantung pada pola asuh yang kurang tepat.

Anak kecil rentan sekali terkena penyakit. Hal ini dikarenakan imun pada si kecil belum kuat seperti orang dewasa pada umumnya. Apalagi pada saat memasuki musim pancaroba, cuaca bisa berubah tidak menentu. Sehingga bisa mempengaruhi daya tahan tubuh anak dan membuatnya mudah terkena berbagai penyakit.

Untuk itu, kita sebagai orang tua perlu menjaga daya tahan tubuh si kecil agar tetap aktif dan tumbuh kembang dia tidak terganggu. Lalu apa yang bisa Bunda lakukan? Berikut caranya:

1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Si Kecil

Agar imun si kecil tetap terjaga, berilah makan-makanan yang bernutrisi untuk kebutuhannya antara lain lauk, sayur dan buah. Tapi ingat ya bunda, harus tetap dalam porsinya si kecil dan tidak boleh berlebihan.


2. Istirahat yang Cukup

Pastikan si kecil mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Apabila tidak, hal ini akan menggangu sistem kerja daya tahan tubuh si kecil. Jika ia tidak memiliki waktu tidur siang, pastikan si kecil tidur malam lebih cepat ya.


3. Banyak Bergerak

Jangan biarkan si kecil terus-menerus duduk sambil bermain gadget, ajak ia untuk banyak bergerak. Salah satu kegiatan yang bisa bunda lakukan adalah mengajaknya berolahraga, bemain lari-larian ditaman dan kegiatan menarik lainnya.


4. Menjaga Kebersihan

Dengan menjaga kebersihan, secara tidak langsung Bunda sudah menjaga daya tahan tubuh si kecil karena mengurangi risiko si kecil terpapar virus atau bakteri penyakit lho. Selain menjaga kebersihan diri si kecil, beberapa hal lainnya yang harus Bunda perhatikan kebersihannya adalah makanan dan lingkungan si kecil. Untuk itu pastikan, Bunda menjaga kebersihan dan lingkungan si kecil ya.

Itulah tips-tips yang bisa bunda lakukan. Dengan begitu, si kecil memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan jadi bebas aktif. Sehingga perkembangannya pun tidak terganggu sampai tumbuh besar menjadi anak yang sehat dan cedas.

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS