facebook pixel

Resep MPASI Mudah Untuk Ibu Muda

Main Image: Resep MPASI Mudah Untuk Ibu Muda

MPASI atau makanan pendamping ASI diberikan ketika si kecil memasuki usia setidaknya 6 bulan. Saat memberikan MPASI, hal yang harus bunda perhatikan adalah kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada makanan.

Nah, untuk bunda yang belum berpengalaman dengan MPASI, ada beberapa resep dan bahan makanan yang mudah ditemukan dan diolah sebagai asupan si kecil. Apa sajakah? Minikinizz telah merangkumnya untuk bunda.

1. Brokoli


Brokoli merupakan salah satu bahan makanan yang banyak mengandung serat, protein, karbohidrat, serta kaya vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan daya kerja otak, menjaga kesehatan mata, hingga mencegah kanker.

Bunda bisa mengolah brokoli dengan minyak zaitun yang mengandung vitamin dan lemak sehat serta tambahan kentang. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan semua bahan. Potong-potong brokoli dan kentang.
  • Kukus brokoli dan kentang hingga lunak.
  • Haluskan kedua bahan tersebut dan campur dengan minyak zaitun. Bunda bisa menghaluskannya menggunakan food processor atau blender. Sajikan.

2. Buncis


Tahukah bunda kalau buncis juga mengandung nutrisi lengkap lho, mulai dari protein, karbohidrat, serat, kalori, vitamin A, B1, B6, B12, C, dan K yang tentunya sangat baik untuk tumbuh kembang bayi.

Untuk menambah kandungan gizinya, bunda bisa mengolah buncis dengan minyak kelapa. Sama seperti minyak zaitun, minyak kelapa juga memiliki kandungan lemak sehat yang bermanfaat untuk perkembangan otak bayi.

Berikut adalah cara mengolah buncis dan minyak kelapa:

  • Siapkan 100 gram buncis dan kukus sampai lunak.
  • Selanjutnya, dinginkan buncil selama beberapa menit.
  • Haluskan buncis dan ½ sdt minyak kelapa menggunakan blender. Sajikan.

            (Baca juga: Tips Memberikan MPASI Pertama Pada Si Kecil)

3. Asparagus & Mint


Kandungan nutrisi yang ada pada asparagus seperti vitamin B-kompleks, A, C, dan E mampu membantu fungsi metabolisme serta sistem imun tubuh bayi lho, bun. Untuk mengolahnya, bunda bisa mencampur asparagus dengan mint. Caranya adalah:

  • Siapkan bahan-bahan: 300 gram asparagus cincang, 4 lembar daun mint, dan ½ gelas kaldu/air/ASI/susu formula.
  • Kukus asparagus hingga lunak kurang lebih 10 menit.
  • Dinginkan sejenak kemudian haluskan bersamaan dengan daun mint menggunakan blender.
  • Tambahkan cairan kaldu/air/ASI/susu formula secukupnya. Sajikan.

4. Apel


Bunda pasti tau dong kalau buah apel kaya akan gizi dan nutrisi. Apel mengandung banyak serat, kalium, fosfor, magnesium, vitamin A dan C yang sangat baik untuk pertumbuhan si kecil. Selain itu, rasa manisnya alami sehingga aman untuk bayi.

Salah satu cara menyajikannya kepada si kecil adalah dengan membuat pure apel atau apel lumat. Caranya adalah:

  • Siapkan apel, kukus hingga lunak kurang lebih selama 10 menit.
  • Haluskan menggunakan garpu atau food processor.


Mudah sekali ‘kan, bun?

Itulah beberapa menu MPASI yang mudah dibuat dan bisa bunda coba. Semoga bermanfaat ya!

Selain memberikan makanan sehat dan bergizi, bunda tentunya juga harus menyiapkan segala peralatan dan perlengkapan yang aman dan nyaman untuk si kecil, salah satunya adalah popok.

Popok sangat berpengaruh dengan kesehatan kulit si kecil karena bersentuhan langsung dengan kulitnya. Karena itulah bunda harus memilih produk popok yang tepat agar kulit bayi tetap sehat.

            (Baca juga: Serba-Serbi Popok Kain Bayi. Bunda Sudah Tau?)

Popok kain bayi atau clodi adalah salah satu alternatifnya. Popok cuci ulang ini terbuat dari bahan kain yang lembut dan tentunya aman karena memiliki campuran bahan kimia. Selain itu, popok clodi juga lebih hemat karena bisa digunakan berulang kali.

Minikinizz adalah salah satu produsen popok clodi Indonesia yang menyediakan clodi dengan berbagai ukuran, jenis, dan motif. Bunda juga bisa memilih clodi yang sesuai dengan usia dan berat badan si kecil lho.

Info lebih lanjut mengenai popok kain bayi Minikinizz silakan hubungi kami di 0821-1464-4639 (WA available).

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS