facebook pixel

Serba-Serbi Popok Kain Bayi. Bunda Sudah Tau?

Main Image: Serba-Serbi Popok Kain Bayi. Bunda Sudah Tau?

Popok kain bayi atau lebih sering disebut sebagai clodi (cloth diaper) merupakan alternatif pengganti popok sekali pakai (pospak). Saat ini, sudah banyak orang tua yang beralih menggunakan clodi dengan alasan keamanan dan kesehatan bayi.

Baik clodi maupun pospak tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, bunda yang saat ini sedang berpikir untuk beralih ke clodi seperti orang tua lainnya, ada baiknya jika bunda mengetahui hal-hal dasar mengenai cloth diaper atau clodi. Dilansir dari berbagai sumber, Minikinizz telah merangkum serba-serbi popok kain bayi yang perlu bunda tau.

Apa Itu Clodi?

Clodi merupakan singkatan dari cloth diaper yang berarti popok kain. Sama halnya seperti popok sekali pakai, clodi dirancang untuk menampung dan menahan urine si kecil dengan kemampuan daya serap yang tinggi sehingga tidak mudah bocor. Bedanya, clodi terbuat dari bahan kain tanpa bahan kimia sehingga lebih aman dan nyaman untuk kulit si kecil.

Karena terbuat dari kain, popok clodi dapat dicuci dan dipakai kembali bahkan hingga bertahun-tahun, dengan catatan perawatannya harus tepat.

Istilah-Istilah Pada Clodi

1. Insert: Lapisan penyerap urin yang diletakkan di dalam kantung/pocket atau ditempelkan pada cover.

2. Inner Gusset:  jahitan kerut yang terletak di lapisan dalam (inner) berfungsi untuk menghindari terjadinya kebocoran samping dan menjaga feses  (kotoran) tidak tercecer keluar.

3. Leg Gusset:  jahitan kerut di daerah lingkar paha yang fungsinya menjaga agar lingkar paha tertutup sempurna untuk menghindari terjadinya kebocoran samping, juga membantu agar fases bayi tidak mudah tercecer keluar.

4. Microfleece/Fleece: jenis kain yang paling sering digunakan sebagai bahan inner dan liner karena mampu menyerap air ke lapisan bawah secara efektif, sehingga dapat menjaga kulit bayi tetap kering dan nyaman.

5. Polyurethane Laminated (PUL): bahan yang bersifat waterproof sehingga sering digunakan sebagai bahan outer.

6. Snap/Kancing: bagian clodi yang berfungsi mengatur ukuran clodi sehingga pas di tubuh bayi, terbuat dari bahan plastik yang kuat sehingga aman untuk bayi (tidak seperti bahan metal yang dapat berkarat apabila terkena urine si kecil).

7. Velcro: bagian clodi yang fungsinya untuk mengaitkan antara dua ujung pengait pada bagian pinggang agar pas dengan ukuran pinggang bayi.

Istilah selengkapnya kunjungi Istilah Pada Clodi.

Apa Saja Tipe Clodi?

Secara umum, terdapat 4 tipe clodi yaitu All in One (AiO), All in Two (Ai2), dan Pocket.

1. Tipe All in One (AiO)

Tipe AiO adalah tipe clodi yang lapisan insert-nya sudah menyatu atau dijahit dengan inner dan cover sehingga tidak perlu menggunakan insert tambahan. Biasanya, tipe clodi ini dibuat dengan model celana sehingga cocok untuk bayi yang mulai aktif bergerak.

Keunggulan dari clodi AiO adalah lebih praktis karena tidak perlu melepas pasang insert. Namun, jenis ini cenderung lebih lama kering ketika dijemur karena lapisan clodi jadi lebih tebal. Selain itu, bunda juga harus memperhatikan kebersihan clodi ketika mencuci.

2. All in Two (Ai2)

Tipe Ai2 atau bisa juga disebut tipe cover, terdiri dari dua bagian yaitu cover dan insert. Lapisan insert pada popok kain bayi ini tidak dijahit dan bisa dilepas pasang. Clodi ini biasanya lebih diperuntukan untuk new born baby yang belum terlalu aktif.

Kebalikan dari tipe AiO, tipe Ai2 lebih cepat kering ketika dijemur dan lebih mudah dicuci.

3. Pocket

Popok clodi tipe Pocket terdiri dari tiga bagian yaitu cover, insert, dan inner. Inner disini berguna untuk menjaga kulit bayi agar tetap kering meski insert-nya basah. Clodi pocket cocok digunakan mulai dari new born baby sampai toddler.

Bagaimana Merawat Clodi?

Karena akan dipakaikan pada bagian vital si kecil, merawat clodi tentu tidak bisa sembarangan. Tapi bukan berarti merawat clodi itu sulit lho, bun. Berikut adalah beberapa tips merawat popok kain bayi:

1. Lakukan prewash sebelum memakai clodi baru

Setelah membeli clodi baru, pasti bunda tidak sabar memakaikannya pada si kecil, benar 'kan? Eits.. sabar Bunda! Pastikan clodi baru tersebut dicuci terlebih dulu (prewash) minimal 3x sebelum digunakan. Hal ini dibutuhkan agar mendapat daya serap maksimal serta membersihkan popok clodi dari zat-zat yang menempel saat proses produksi.

2. Cuci menggunakan sedikit deterjen

Jangan biarkan popok kotor terlalu lama karena hal ini akan menimbulkan jamur, bau dan noda yang menetap. Semprot popok dengan air bersih lalu kucek menggunakan tangan ditambah sedikit deterjen.

3. Hindari pelembut, pengharum dan pemutih

Saat mencuci, sebaiknya gunakan sabun yang bebas dari bahan pemutih, pengharum dan pelembut agar kualitas popok tetap terjaga.

Tips selengkapnya kunjungi Tetap Awet dan Bersih, Begini Cara Merawat Clodi Yang Benar.

Kelebihan dan Kekurangan Popok Kain

Setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali clodi. Apa sajakah?

Kelebihan:

- Menghindari Alergi & Iritasi

Karena clodi dibuat menggunakan bahan yang lembut dan nyaman, masalah kulit seperti iritasi dan alergi tentunya juga bisa dihindari.

- Lebih Hemat

Meski harga popok clodi lebih mahal dibanding pospak, clodi jauh lebih hemat karena bisa dicuci dan dipakai berulang-ulang. Bahkan sampai si kecil mulai tumbuh besar dan memiliki adik lagi.

- Bebas Bahan Kimia

Sebagian besar disposable diaper menggunakan bahan kimia untuk memberikan efek anti bocor. Hal ini bisa jadi berbahaya untuk si kecil jika kulitnya sensitif. Berbeda dengan popok clodi. Popok berbahan dasar kain ini terbuat dari bahan alami yang tentunya aman dan nyaman untuk kulit si kecil.

Kekurangan:

- Butuh Perawatan Khusus

Tidak seperti pospak yang bisa langsung dibuang, bunda memerlukan effort lebih jika menggunakan popok clodi. Karena bersifat reusable, bunda harus merawat clodi dengan baik agar tidak mudah rusak dan awet tahan lama. Teknik pencucian yang salah dapat menyebabkan daya serap clodi cepat berkurang.

Itulah serba-serbi mengenai popok clodi yang perlu bunda ketahui sebelum mulai menggunakannya.

Minikinizz adalah salah satu brand popok kain bayi asli Indonesia yang bisa menjadi pilihan bunda. Popok minikinizz dibuat menggunakan bahan yang lembut dan sudah bersertifikat SNI sehingga aman untuk digunakan.

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS