facebook pixel

Tips Memberikan MPASI Pertama Pada Si Kecil

Main Image: Tips Memberikan MPASI Pertama Pada Si Kecil

Ketika menginjak usia 6 bulan, bayi mulai diharuskan mengonsumsi makanan selain ASI atau biasa disebut MPASI (Makanan Pendamping ASI) untuk memenuhi kebutuhan energi dan kalorinya. Energi yang dibutuhkan bayi 6 bulan adalah 650 kcal. Perlu bunda ketahui, ASI hanya memiliki 400 kcal energi sehingga ia membutuhkan 250 kcal energi tambahan.

Untuk bunda yang baru saja memiliki buah hati, pengalaman pertama ini mungkin akan sedikit  merepotkan. Belum lagi bunda harus berhati-hati memilih bahan makanan yang cocok untuk si kecil dan waktu yang tidak sebentar untuk menyiapkannya.

Tapi mau bagaimanapun, ini adalah tahapan yang harus dilewati. Nah, untuk mempermudah bunda menyiapkan MPASI pertama si kecil, berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Ketahui Nutrisi yang Dibutuhkan

Sebelumnya, bunda harus mengetahui nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Agar tumbuh kembangnya berjalan dengan baik, baby membutuhkan karbohidrat, lemak, protein hewani, vitamin, mineral dan zat besi. Semua kandungan ini tentunya memiliki peran tersendiri dalam pertumbuhan anak.

            (Baca juga: Tips Bunda: Memilih Makanan Sehat Untuk Bunda Hamil)

2. Buah Atau Bubur?

Bunda mungkin bingung memilih jenis menu yang akan diberikan pada si kecil untuk pertama kali. Menurut dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi SpA dari RS Bunda Jakarta, anak dengan berat badan normal sebaiknya diberikan buah dulu untuk MPASI pertamanya. Sebaliknya, jika anak kurus, MPASI sebaiknya dimulai dari serealia untuk menaikkan berat badannya.

Jika ingin memberikan buah, ada baiknya bunda memberikan buah yang tidak terlalu manis. Terlalu sering mengonsumsi makanan manis bisa membuat si kecil menolak makanan yang rasanya lebih hambar.

3. Siapkan Menu MPASI Beserta Peralatan Makan Si Kecil

Agar tidak terlalu repot, siapkan menu MPASI minimal untuk 1 minggu. Dengan menyiapkan menu, bunda bisa lebih mudah menyusun daftar belanja harian.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan peralatan makannya ya, bun. Biasanya peralatan yang dibutuhkan adalah piring, mangkok, sendok dan gelas. Ada baiknya jika bunda menyiapkan lebih dari 1 set alat makan untuk berjaga-jaga jika peralatan makan dicuci.

            (Baca juga: Tips Mengajak Bayi Berenang Untuk Pertama Kali)

4. Tentukan 1 Metode Memasak

Untuk mempercepat proses memasak, pilihlah menu yang cukup dimasak dengan satu teknik, misalnya hanya direbus atau dikukus. Meskipun setelahnya makanan harus disaring agar lebih halus, setidaknya bunda tidak harus melakukan kedua teknik tersebut.

Pastikan juga peralatan masak ada di satu tempat yang berdekatan untuk memudakan bunda saat memasak.

5. Hindari Penggunaan Penambah Rasa

Bukan hanya penyedap rasa, bunda sebaiknya juga menghindari bahan penambah rasa seperti gula dan garam pada menu MPASI.

6. Jadwalkan Waktu Makan Si Kecil

Hal ini memang tidak harus dilakukan, namun mengatur jadwal makan si kecil akan memudahkan bunda mengestimasikan kapan waktu untuk memasak. Jadwal makan bisa diatur sendiri atau bisa didiskusikan dengan dokter spesialis anak.

            (Baca juga: Tips & Trik: Bagaimana Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari?)

7. Memasak Saat Baby Tidur

Manfaatkan waktu ketika si kecil tidur untuk membuat MPASI. Dengan begitu, memasak akan jauh lebih cepat dibanding jika bunda memasak sambil menggendong bayi.

Itulah beberapa tips memberikan MPASI pertama pada si kecil. Memang tidak mudah. Namun jika bunda melakukannya dengan senang hati dan telaten, membuat MPASI untuk buah hati akan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. So, selamat mencoba, bun.

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS