facebook pixel

Tips Mengajak Bayi Berenang Untuk Pertama Kali

Main Image: Tips Mengajak Bayi Berenang Untuk Pertama Kali

Berenang merupakan salah satu olahraga kegemaran banyak orang. Selain menyehatkan, olahraga ini juga sangat menyenangkan. Bukan hanya untuk orang dewasa, berenang juga dianjurkan untuk anak-anak dan bayi.

Bagi orang dewasa, dampak yang akan langsung terasa adalah badan segar dan bugar. Sementara untuk bayi, para pakar mengatakan berenang akan meningkatkan kemampuan kognitif dan motoriknya. Bayi akan aktif menggerakan tubuh di dalam air sehingga kecerdasannya kognitifnya bisa lebih cepat tumbuh.

Selain itu, bunda yang berenang bersama bayi bisa memiliki ikatan yang lebih erat karena bayi akan merasa mendapatkan banyak perhatian. Tahukah bunda, kegiatan ini ternyata juga bisa melatih anak untuk lebih percaya diri dan mandiri lho.

Meski sudah mengetahui banyak manfaat berenang bagi bayi, masih banyak bunda yang takut mengajak anak berenang, biasanya karena takut si kecil tenggelam. Tenang bunda, kejadian ini tidak akan terjadi jika bunda berhati-hati dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Nah, supaya bunda tidak khawatir, berikut adalah beberapa tips mengajak bayi berenang untuk pertama kali.

1. Siapkan Pakaian Renang yang Tapat

Hal pertama yang harus bunda siapkan sebelum mengajak bayi berenang adalah pakaian renangnya. Pilihlah baju renang yang nyaman untuk si kecil. Hindari penggunaan popok sekali pakai. Akan lebih baik jika bunda memilih popok kain bayi yang didesain khusus untuk renang.

Bunda bisa menggunakan swim diaper dari Minikinizz. Selain nyaman digunakan selama berenang, popok kain bayi ini akan melindungi si kecil dari material berbahaya yang terkandung dalam air kolam renang. Swim diaper dari Minikinizz juga tersedia dalam berbagai motif dan ukuran yang bisa bunda sesuaikan dengan berat si kecil lho.

            (Baca juga: Sedang Tren, Ternyata Ini Lho Keuntungan Menggunakan Clodi)

2. Pemilihan Kolam Renang

Kolam renang untuk bayi tentu berbeda dengan kolam anak-anak, apalagi orang dewasa. Untuk memastikan bayi tetap sehat setelah berenang, pilihlah kolam yang dikhususkan untuk bayi, hindari mengajak bayi berenang di kolam renang umum pada usia-usia awalnya.

Biasanya, tempat-tempat yang menyediakan kolam khusus baby sudah menyediakan fasilitas-faslitas penunjang untuk bunda dan si kecil. Selain itu, suhu airnya pun sudah disesuaikan dengan kebutuhan bayi.

3. Perhatikan Kondisi Kesehatan Bunda dan Si Kecil

Hal terpenting yang harus bunda perhatikan adalah kondisi kesehatan. Pastikan bunda dan baby dalam kondisi fit dan prima sebelum berenang untuk menghindari masuk angin setelahnya. Jika sebelumnya baby menunjukkan tanda-tanda kembung atau gangguan pencernaan lain, sebaiknya batalkan rencana bunda, ya.

4. Berikan Rasa Aman Selama Berenang

Si kecil akan mendapatkan pengalaman baru dalam hidupnya. Pastikan bunda selalu memberikan rasa aman pada si kecil selama berenang. Saat masuk ke kolam renang, pastikan menggendong bayi dengan posisinya menghadap dada bunda.

Kemudian setelah masuk ke kolam renang, biarkan si kecil menatap mata bunda. Pastikan ia merasa rileks dan nyaman. Bunda bisa ajak si kecil mengobrol dan bercanda sambil sesekali membasahi wajah si kecil.

Untuk lebih melatih bayi terbiasa dengan air, bunda bisa membaringkannya di kolam renang dan dengan cepat mengangkatnya kembali.

5. Bawa Mainan Mandi Kesayangan Si Kecil

Tidak ada salahnya jika bunda membawa mainan mandi favorit si kecil lho. Selain tentunya untuk dimainkan, hal ini akan membuat bayi merasa lebih familiar dengan suasana baru yang ia dapatkan.

            (Baca juga: Traveling Bareng Si Kecil, Apa Saja yang Harus Bunda Siapkan?)

6. Pastikan Baby Tidak Dehidrasi

Meski sedang di dalam air, bukan berarti tidak merasa haus ya, bun. Tetap berikan minum atau susu pada si kecil jika ia sudah menunjukkan tanda-tanda kehausan.

7. Bagaimana Jika Bayi Gelisah?

Bayi yang gelisah di dalam kolam renang bukan berarti menandakan ia tidak suka berenang. Bisa jadi si kecil merasa haus, lapar, atau habis buang air. Jika ia tiba-tiba menangis, bunda bisa mendekap dan menenangkannya terlebih dahulu.

8. Gunakan Krim Perawatan Kulit

Jika bayi memiliki masalah pada kulit, ada baiknya jika bunda memakaikan krim untuk mengurasi risiko kulit bayi iritasi.

            (Baca juga: 8 Masalah Kulit yang Sering Dialami Bayi)

Itulah beberapa tips yang bisa bunda lakukan ketika mengajak bayi berenang untuk pertama kali. Intinya, selalu jaga si kecil agar tetap merasa aman dengan mendekapnya dengan erat. Selamat mencoba ya, bun!

Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS