facebook pixel

Toilet Training Lagi, Tips Sukses Program di Malam Hari

Main Image: Toilet Training Lagi, Tips Sukses Program di Malam Hari

Masih seputar toilet training. Tidak bosan-bosannya Minikinizz selaku produsen clodi, justru mengedukasi Bunda-Bunda semua untuk melatih si Kecil melepas clodi, selamanya. Ada banyak hal yang diperhatikan di program toilet training, mulai dari tanda-tanda si Kecil siap, perlengkapan apa saja yang harus disiapkan, tips toilet training saat berada di dalam rumah dan di luar rumah, hingga toilet training di malam hari.

Biasanya, setelah sukses melewati program toilet training di siang hari, maka saatnya si Kecil memasuki program toilet training di malam hari. Banyak Bunda yang beranggapan bahwa program toilet training di malam hari ini merupakan “naik level” setelah sukses menjalaninya di siang hari.

Padahal sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan antara toilet training di siang hari dan malam hari, tapi si Kecil tetap harus dilatih dan dibiasakan. Bahkan menurut sejumlah dokter dan pakar toilet training, sebaiknya pelatihan toilet training di siang hari dan malam hari ini sebaiknya disamakan waktunya, artinya berbarengan dan diselang-seling antara siang dan malam.
Berikut ini sejumlah tips sederhana tapi cukup efektif untuk melatih si Kecil sukses ber-toilet training di malam hari:

Biasakan si Kecil ke toilet sebelum tidur

Ini hal paling sederhana yang bisa dilakukan di program toilet training malam hari, hampir tanpa effort. Tinggal masalah kebiasaan saja. Si Kecil pasti juga akan menyadari pentingnya “ritual” sebelum tidur ini, demi tidak repot saat ada kejadian mengompol di tengah asyik tidur.
 

Ajak si Kecil ke toilet di sela-sela waktu tidur

Coba Bunda lakukan ini: setelah 2-3 jam si Kecil tertidur, bangunkan si Kecil dan ajak untuk pipis ke toilet. Cara ini sangat efektif dalam mengajarinya mengontrol tingkat kepenuhan kandung kemihnya dengan lebih baik, karena si Kecil bisa merasakan dengan pasti bahwa kandung kemihnya bisa penuh saat bangun tidur, sehingga perlu bangun sebelumnya.
 

Batasi asupan cairan sebelum si Kecil tidur

Sudah biasa pipis sebelum tidur dan di sela waktu tidur, tapi lebih penting untuk mencegah sumber penyebabnya. Biarkan saja si Kecil untuk tidak minum beberapa jam sebelum tidur agar kandung kemihnya tidak penuh untuk menghindari mengompol.
 

Antisipasi si Kecil mengompol di malam hari

Bunda siapkan saja clodi cadangan dan celana, untuk mengantisipasi si Kecil mengompol di malam hari. Namanya juga sedang belajar, pasti ada saja bocornya. Jangan lupa untuk selalu menggunakan perlak di kasur agar si Kecil bisa gampang kembali lagi tidur.

Kelegaan di pagi hari

Saat bangun tidur, ajak si Kecil ke toilet. Si Kecil bisa dengan leluasa untuk pipis maupun pup dengan tanpa beban. Dia akan merasakan sesuatu yang sangat melegakan sebelum beraktivitas selanjutnya. Ini juga sebagai “reward” kecil atas keberhasilannya untuk tidak mengompol di malam hari. 

Setelah mengetahui tips menjalankan program toilet training di malam hari, Bunda bisa langsung mencobanya. Poin penting demi kesuksesan program ini adalah Bunda perlu bisa mengetahui hal-hal apa saja yang biasanya menjadi penghambat macetnya program ini.

Selain itu, Bunda harus menjalaninya dengan dibawa santai saja, jangan terlalu overthinking sehingga malah memicu stress di Bunda. Satu lagi, sebelum berpisah dengan clodi, manfaatkan tersedianya alat penunjang toilet training yang ampuh dari Minikinizz, yaitu penggunaan training pants selama program. Sukses toilet training di malam harinya ya Bund..  

Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS