facebook pixel

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memandikan Bayi Baru Lahir

Main Image: 7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memandikan Bayi Baru Lahir

Memandikan bayi baru lahir bisa menjadi tantangan tersendiri bari orang tua, khususnya untuk bunda yang baru pertama kali memiliki buah hati. Biasanya, solusi yang diambil adalah meminta bantuan ibu atau mertua. Tapi bunda tentunya juga ingin bisa memandikan anak sendiri bukan?

Bunda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memandikan bayi baru lahir. Dilansir dari berbagai sumber, Minikinizz telah merangkumnya untuk bunda.

1. Mandikan bayi menggunakan spons/waslap

Jika tali pusar si bayi belum lepas, cukup mandikan si kecil menggunakan spons atau waslap. Dalam keadaan masih menggunakan popok, mulailah bersihkan tubuh bayi dari bagian belakang telinga, leher, tangan, dan kaki. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela jari serta lipatan lengan dan lututnya ya. Rambut bisa dibersihkan terakhir agar si kecil tidak kedinginan. Berhati-hatilah agar mata bayi tidak terkena air.

Setelah itu, bunda bisa mulai membuka popoknya dan membersihkan bagian tubuh yang belum dilap. Bersihkan perut, alat kelamin, serta punggung bayi. Jika sudah selesai, keringkan si kecil dengan menepuk-nepuk lembut badannya menggunakan handuk.

            (Baca juga: Jenis-Jenis Ruam Kulit Bayi & Cara mengatasinya

2. Memandikan menggunakan bak mandi

Jika tali pusar si kecil sudah lepas, bunda bisa mulai memandikannya menggunakan bak mandi. Bunda bisa membeli bak mandi plastik anti slip agar bak tidak mudah bergerak. Pilihlah juga bak mandi yang memiliki sandaran agar kepala bayi tidak terendam air.

3. Gunakan produk sabun dan shampoo khusus bayi

Kulit bayi masih sangat sensitif sehingga tidak bisa menggunakan sembarang produk sabun dan shampoo. Sabun biasa mungkin menghasilkan banyak busa, namun kandungannya kurang cocok untuk kulit bayi.

Ada baiknya jika bunda memilih perlengkapan mandi khusus untuk bayi yang memiliki kandungan pH netral agar tidak merusak kulit si kecil. Sesuaikan juga sabun yang digunakan dengan jenis kulitnya ya, bun.

            (Baca juga: Tips Sukses Menyusui Untuk Ibu Muda. Bunda Sudah Tau?)

4. Perhatikan suhu air

Saat memandikan bayi, pastikan suhunya tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Air hangat dengan suhu sekitar 400 derajat celcius akan memberikan kenyamanan pada si kecil. Dengan menggunakan air hangat, ia juga tidak akan merasa kedinginan setelah mandi.

5. Jangan mandikan bayi setiap hari

Mandi bertujuan untuk membersihkan tubuh dan kotoran. Untuk orang dewasa, mandi setiap hari adalah hal yag normal. Tapi tahukah bunda, memandikan bayi setiap hari justru dapat membuat kulitnya kering lho.

Bunda juga tidak perlu memandikan si kecil setiap hari karena tubuhnya tidak terlalu kotor. Tapi agar ia tetap merasa segar, bunda menyeka wajah dan tubuhnya menggunakan waslap. Mandikan bayi 3 kali seminggu cukup untuk membuat tubuhnya tetap bersih.

            (Baca juga: Jenis-Jenis Kulit Bayi dan Cara Merawatnya)

6. Perhatikan waktu mandinya

Saat akan memandikan bayi, pilihlah waktu ketika perutnya sedang tidak penuh. Hindari memandikan si kecil setelah menyusu. Hal ini bisa mengakibatkan ia muntah karena kondisi perutnya sedang tertekan.

7. Oleskan lotion setelah mandi

Mengoleskan lotion setelah mandi dapat membuat kulit si kecil tetap lembab dan sehat. Untuk kulit jenis normal, bunda bisa mengoleskan pelembab setiap selesai mandi. Namun untuk jenis kulit kering dan sensitif, oleskan lotion lebih sering.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memandikan bayi baru lahir. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat membantu bunda merawat si kecil ya! 

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS