facebook pixel

Memandikan Bayi Menggunakan Air Dingin, Bolehkan?

Main Image: Memandikan Bayi Menggunakan Air Dingin, Bolehkan?

Banyak anggapan bahwa bayi harus dimandikan menggunakan air hangat dan dilarang menggunakan air dingin dengan alasan agar si baby tidak sakit atau masuk angin. Dan pada kenyataannya, banyak bunda yang percaya dengan hal ini.

Walaupun mandi menggunakan air hangat terbilang lebih aman untuk si kecil karena lebih menyesuaikan ke suhu tubuhnya, memandikan bayi dengan air dingin ternyata juga memiliki beberapa manfaat yang jarang orang tau lho.

            (Baca juga: Tips Mengajak Bayi Berenang Untuk Pertama Kali)

Manfaat Memandikan Bayi Dengan Air Dingin

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

Menurut penelitian dari Thrombosis Research Institute Inggris, bayi yang mandi menggunakan air dingin dapat meningkatkan kekebalan tubuhnya. Menurut sumber lain, mandi dengan air dingin juga dapat meningkatkan jumlah sel darah putih bayi sehingga tubuh lebih kebal terhadap penyakit.

2. Menjaga Kelembaban Kulit

Manfaat lain dari mandi air dingin bagi si kecil adalah menjaga kulitnya agar tetap lembab. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa suhu air yang dianjurkan adalah 21 derajat celcius.

            (Baca juga: Fakta-Fakta Bayi Baru Lahir yang Harus Bunda Tau)

3. Memperlancar Aliran Darah

Tahukah bunda bahwa mandi air dingin dapat memperlancar aliran darah pada si kecil? Lancarnya aliran darah menandakan bahwa si kecil tidak kekurangan oksigen di dalam tubuhnya.

4. Mempengaruhi Psikologi Si Kecil

Dengan mandi air dingin, si kecil bisa jadi lebih riang lho. Air dingin yang bersentuhan langsung dengan ujung saraf di permukaan kulit akan mengirimkan sinyal-sinyal elektrik pada otak si kecil yang memerintahkan agar tetap aktif dan segar.  Selain itu, air dingin juga bisa membuat otak memproduksi hormon beta-endorfin yang bisa membuat perasaan si baby lebih bahagia.

Kapan Bayi Boleh Mandi Air Dingin?

Beberapa pakar memiliki pendapat yang berbeda mengenai waktu yang tepat bagi bayi untuk mandi air dingin. Menurut Dr. Jerome Valletaau de Moulliac, dokter anak asal Perancis menyebutkan bayi bisa mandi dengan air dingin setelah berusia 2 bulan ke atas. Menurutnya, pada usia tersebut anak dianggap sudah mulai bisa beradaptasi dengan kondisi sekitarnya. Namun pakar lain berpendapat bahwa bayi baru bisa dimandikan menggunakan air dingin ketika sudah memasuki usia 4 – 6 bulan.

Tips Memandikan Bayi Menggunakan Air Dingin

Untuk bunda yang baru ingin mengenalkan air dingin pada baby, berikut adalah beberapa tips yang bisa bunda lakukan:

- Pastikan bayi dalam keadaan sehat.

- Bayi tidak lahir dalam kondisi prematur.

- Jangan langsung memandikan bayi dengan air dingin. Mulailah dengan membasuh air pada bagian kaki, tangan, hingga ke seluruh tubuh.

- Jangan memandikan bayi terlalu lama (cukup 10 – 15 menit).

            (Baca juga: Bunda Ayo Ajari Si Kecil Lepas Dari Popok dengan Training Pants!)

Itulah beberapa manfaat memandikan bayi menggunakan air dingin. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk bunda dan kesehatan si kecil ya.

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS