facebook pixel

Clodi Mulai Gampang Bocor? Ini Saatnya Lakukan Stripping!

Main Image: Clodi Mulai Gampang Bocor? Ini Saatnya Lakukan Stripping!

Cloth diaper (clodi) alias popok kain bayi mulai banyak dipilih oleh para orang tua karena dianggap lebih aman untuk kulit bayi. Selain itu, sifatnya yang bisa dicuci ulang juga lebih menghemat pengeluaran rumah tangga. Merawat clodi juga bukan hal sulit lho. Yang terpenting, jangan terlalu banyak menggunakan bahan pembersih saat proses pencucian.

Saat menggunakan clodi, bunda akan berada di suatu waktu dimana bunda merasa fungsi clodi semakin menurun, seperti mudah bocor, outer dan insert yang berubah warna dan menjadi kaku, hingga bau pesing yang sulit hilang. Tenang, hal ini terjadi bukan karena bunda salah mencuci, kok. Jika tanda-tanda tersebut mulai terdeteksi pada clodi si kecil, artinya sudah saatnya bunda melakukan stripping.

Apa itu stripping clodi?

Stripping merupakan salah satu tahapan dalam merawat clodi. Ini adalah proses pecucian tanpa detergen yang dilakukan secara berkala untuk menghindari atau mengembalikan fungsi clodi seperti semula dengan menghilangkan residu yang menempel pada kain.

Pada dasarnya, penyebab menurunnya performa clodi adalah residu. Residu ini berasal dari sisa detergen yang tertinggal dan menempel pada serat kain ketika pencucian. Selain itu, diaper cream yang bunda pakaikan pada si kecil juga bisa menjadi residu lho.

Bagaimana cara stripping clodi?

1. Sebelum melakukan stripping, pastikan clodi dalam keadaan bersih, tidak habis dipakai dan tidak mengandung urin bayi. Pisahkan antara insert serta outer dan liner.

2. Selanjutnya, siapkan bahan untuk menghilangkan kotoran dan bau tak sedap pada clodi. Bunda bisa menggunakan baking soda, cuka, atau mencampur keduanya. Selain itu, bunda juga bisa menyiapkan sabun khusus stripping clodi.

3. Rendam insert pada seember air bersuhu normal yang sudah dicampur dengan baking soda dan cuka secukupnya. Kucek sesekali dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah 20 menit, bunda akan melihat air berubah menjadi kuning keruh.

4. Kemudian rendam insert pada air hangat yang sudah dicampur dengan sabun khusus stripping. Diamkan selama kurang lebih 15 menit atau hingga air berubah warna sedikit kekuningan.

5. Lakukan tahapan yang sama pada outer dan liner di ember berbeda.

6. Bilas hingga bersih.

7. Terakhir, jemur clodi di bawah terik matahari.

Jika bunda ingin melakukan stripping clodi menggunakan mesin cuci, bunda cukup mencucinya tanpa detergen dan diulang beberapa kali. Bunda juga bisa mencampurkan sedikit cuka atau bakin soda pada pencucian pertama. Akan lebih baik jika clodi direndam di air hangat terlebih dahulu.

Setelah dilakukan stripping dan residu sudah banyak terangkat, clodi akan menunjukkan kembali performanya. Clodi jadi tidak mudah bocor, bau yang tadinya menempel akan menghilang, insert pun jadi tidak kaku lagi.

Gimana, mudah kan bun? Selamat mencoba!

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS