facebook pixel

Tips Prewash Clodi Agar Tidak Cepat Bocor!

Main Image: Tips Prewash Clodi Agar Tidak Cepat Bocor!

Ketika Bunda baru pertama kali mengenal clodi, mungkin muncul banyak pertanyaan. Mulai dari bagaimana cara memilih clodi yang baik, bagaimana cara perawatan clodi agar tetap awet dan mungkin muncul pertanyaan, apa hal pertama kali yang harus dilakukan setelah membeli clodinya? Apakah langsung dicuci atau langsung dipakaikan pada si Kecil?

Nah, bagi Bunda yang pertama kali masuk duni per-clodian, hal pertama kali yang harus Bunda lakukan setelah membeli clodi adalah melakukan prewash. Mungkin step ini terbilang sepele, tapi jangan juga dianggap sepele karena hal ini akan berpengaruh pada tingkat ke awetan clodi itu sendiri. Lalu apa sih yang dimaksud prewash? Yuk, simak ulasannya.

Apa itu Prewash Clodi?

Prewash clodi adalah pencucian pertama kali untuk clodi baru. Hal ini menjadi langkah awal dalam perawatan clodi. Pencucian ini meliputi semua komponen pada clodi mulai dari cover atau outer, insert, liner dan lainnya.

Tujuan Prewash Clodi?

Tujuan dari prewash clodi adalah untuk mengilangkan sisa bahan kimia yang menempal karena sisa residu produksi dan membuka serat kain serta melatih daya serap kain agar daya serapnya maksimal.
Selain itu, tujuan prewash clodi juga untuk membersihkan clodi agar higienis karena melalui banyak pihak sejak proses bahan, produksi, distribusi, hingga sampai ditangan kita.

Cara Melakukan Prewash Clodi

Untuk melakukan prewash clodi Bunda dapat menggunakan 2 cara yaitu secara manual maupun menggunakan mesin. Lakukanlah prewash clodi dengan siklus Cuci-Jerum-Kering sebanyak 3x agar mendapatakan daya serap yang maksimal.

Berikut adalah tata cara melakukan prewas clodi secara manual & menggunakan mesin:

Cara Prewash Clodi Secara Manual:

  1. Langkah pertama adalah larutkan air secukupnya dengan deterjen dalam ember. Untuk 8 popok pocket (1 Insert & 1 Outer) biasanya digunakan 1/4 sendok teh deterjen. Rendam outer & insert selama kurang lebih 1 jam
  2. Kucek ringan outer, khususnya dibagian inner
  3. Kucek ringan inser
  4. Bilang hingga tidak ada busa pada air bilasan
  5. Peras ringan semua outer dan insert (Tanpa dipelintir)
  6. Jemur sampai kering di bawah sinar matahari dengan posisi inner menghadap atas
  7. Sebagai catatan, jika untuk prewash yang kedua dan ketiga kalinya, bisa mengunakan deterjen ataupun tidak tergantung dari jenis bahan dan kondisi produk.

Cara Prewash Clodi Menggunakan Mesin Cuci:

  1. Masukkan 8 set popok kain (pada kapasitas mesin 5kg) dan lebih baik menggunakan laundry bag
  2. Masukkan sekita 1/4 sendok takar deterjen (9 gram)
  3. Gunakan settingan mesin cuci "Short Cycle" (Jika ada). Bila tidak ada, gunakan settingan biasa
  4. Bila mesin cuci memiliki fitur settingan jenis bahan, pilih "sintetic" khususnya bila popok kain yang akan di prewash adalah popok berbahan PUL, microfiber atau bahan sintetik
  5. Bila mesin cuci memliki fitur setting suhu, pilih "Clod Wasd" atau di suhu hanya terendah (biasanya 30 derajat celcius)
  6. Setelah selesai cycle pencucian, jemur semua popok kain tersebut sampai kering sebelum dilakukan prewashing berikutnya
  7. Jemur di bawah sinar matahari
  8. Pastikan posisi inner menghadap ke atas.

 

Apa Akibat dari Clodi yang Tidak di Prewash?

Jika Bunda tidak melakukan prewash clodi, maka beberapa masalah akan muncul seperti:

  • Mudah bocor
  • Tidak tahan lama
  • Daya serap kurang maksimal
  • Bisa menyebabkan iritasi pada kulit

Hal terpenting yang harus Bunda ingat selama melakukan prewash clodi adalah tidak dianjurkan untuk menggunakan pelembut, pewangi maupun pemutih pada clodi. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori kain akan tersumbat ataupun rusak.

Dan perlu Bunda ingat juga, clodi tidak perlu disikat serta disetrika ya.

Bagaimana Bunda? Jangan sampai salah langkah ya, pastikan Bunda melakukan prewash terlebih dahulu sebelum memakaikan clodi pad si Kecil. Happy berclodi Bunda….
 

Share this Post:
Whatsapp Telepon SMS