facebook pixel

7 Cara Menghindari Popok Clodi Mudah Bocor

Main Image: 7 Cara Menghindari Popok Clodi Mudah Bocor

Popok kain bayi atau clodi (cloth diaper) kini semakin banyak dipilih oleh para bunda, khususnya mereka yang memiliki anak dengan kondisi kulit sensitif. Tapi, banyak juga lho bunda yang mencoba menggunakan clodi demi kesehatan bayi serta untuk mengurangi sampah plastik. Sayangnya, masih banyak yang mengeluhkan popok kain cuci ulang ini cepat bocor.

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan clodi cepat bocor, misalnya  tidak melakukan pre-wash. Atau bisa jadi, kualitas clodi itu sendiri yang kurang bagus sehingga berpengaruh pada daya serapnya.

            (Baca juga: Popok Clodi Bocor, Kok Bisa?!)

Untuk mencegah kebocoran pada popok kain bayi, ada beberapa hal yang bisa bunda lakukan, diantaranya:

1. Pilih Clodi Berkualitas

Hal terpenting yang harus bunda lakukan adalah memastikan clodi yang dipilih berkualitas, bukan hanya dari desainnya yang lucu, tapi juga bahan yang digunakan hingga jahitannya. Clodi dengan kualitas yang baik pasti memiliki jahitan yang rapi karena berpengaruh pada daya tahan popok.

            (Baca juga: Serba-Serbi Popok Kain Bayi. Bunda Sudah Tau?)

2. Pentingnya Pre-Wash

Tahukah bunda, pre-wash sangat berpengaruh pada ketahanan clodi lho. Ikuti petunjuk melakukan pre-wash dengan benar. Hal ini dilakukan untuk membuang zat-zat residu bekas proses produksi yang masih menempel pada kain. Selain itu, pre-wash juga berguna untuk memaksimalkan fungsi insert yang menampung air pipis si kecil.

3. Pakaikan Clodi dengan Rapi

Banyak bunda yang mengeluh clodi mudah mengalami bocor samping dan menyebabkan pakaian lainnya ikut basah. Hal ini bisa jadi bukan disebabkan oleh kualitas popoknya lho bun, melainkan kesalahan cara pemakaian popok, misalnya melonggarkan clodi.

Bunda tidak perlu terlalu khawatir si kecil merasa kesempitan karena clodi sudah didesain menyesuaikan ukuran tubuh bayi. Sebaliknya, jika bunda membiarkan popok kain longgar, si kecil justru akan merasa tidak nyaman. Jadi, biarkan karet elastis clodi mengikuti mengikuti ukuran tubuh bayi. Bunda hanya perlu mengatur ukuran velcro atau snap-nya.

4. Pemakaian Clodi Hanya 3 – 4 jam

Sama halnya dengan pospak, popok kain bayi juga perlu sering diganti untuk menghindari kebocoran karena kelebihan kapasitas. Bunda bisa mengganti clodi setiap 3 – 4 jam sekali. Untuk pemakaian malam hari, bunda bisa membiarkan si kecil menggunakan popok lebih dari 4 jam karena biasanya bayi tidak banyak buang air kecil ketika tidur.

5. Cuci Clodi dengan Benar

Merawat clodi tidaklah sulit, namun juga tidak bisa disamakan dengan mencuci pakaian pada umumnya. Saat mencuci popok kain bayi, hindari penggunaan detergen, pelembut, penghalus, dan pemutih karena dapat mengurangi daya serapnya.

            (Baca juga: Tetap Awet dan Bersih, Begini Cara Merawat Clodi Yang Benar)

6. Posisi Saat Menjemur

Posisi popok saat dijemur juga dapat mempengaruhi kualitas clodi lho, bun. Hindari menjemur popok dengan cara menggantungnya karena hal ini akan membuat karet tertarik dan menjadi longgar sehingga menyebabkan kebocoran. Ada baiknya jika bunda menjemurnya secara horizontal dan dijemur dengan menekuk bagian tengahnya.

7. Rutin Melakukan Stripping

Pada dasarnya, fungsi clodi memang akan semakin menurun. Namun, bunda bisa terus mengembalikan performa clodi dengan rutin melakukan stripping. Ini merupakan cara untuk menghilangkan residu pada kain yang berasal dari sisa detergen yang tertinggal dan menempel pada serat kain ketika pencucian.

Stripping clodi dilakukan dengan cara mencuci clodi tanpa detergen. Langkah-langkah stripping dapat bunda simak di sini.

Itulah beberapa tips yang bisa bunda lakukan untuk menghindari kebocoran pada popok kain cuci ulang.

Minikinizz adalah produsen popok kain bayi Indonesia yang menyediakan berbagai varian popok clodi yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan usia dan berat badan bayi. Dibuat dari kain yang lembut dan berkualitas tinggi, membuat popok cuci ulang Minikinizz memiliki daya serap yang tinggi dan tidak mudah bocor. Minikinizz juga sudah bersertifikasi SNI sehingga bunda tidak perlu meragukan kemanannya.

Produk-produk popok kain bayi Minikinizz dapat bunda lihat di sini.

Untuk pemesanan, bunda bisa langsung hubungi kami via Whatsapp di 0821-1464-4639.

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS