facebook pixel

Popok Clodi Bocor, Kok Bisa?!

Main Image: Popok Clodi Bocor, Kok Bisa?!


“Kok clodi anak saya cepat bocor ya? Padahal katanya bisa tahan 4-5 jam, tapi ini baru 1-2 jam sudah bocor.”

Bunda pernah mengalami hal seperti ini dan jadi tidak percaya menggunakan clodi? Eits, jangan buru-buru. Bisa jadi clodi bocor akibat kesalahan bunda sendiri lho.

Merawat clodi sebenarnya tidak sulit, namun tetap harus diperhatikan tahapan serta caranya. Karena jika salah, masalah kebocoranlah yang akan menimpa bunda.

Lalu, hal apa saja sih yang menyebabkan clodi jadi mudah bocor? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Tidak/Kurang Melakukan Pre-Wash

Sebelum clodi dipakai, ada baiknya jika bunda melakukan pre-wash minimal 3 kali. Tujuan utamanya tentu untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada clodi, mengingat clodi baru dikeluarkan dari pabrik.

Tapi bunda harus tau bahwa pre-wash juga berguna untuk memaksimalkan fungsi insert agar daya serapnya maksimal.

2. Kapasitas yang Berlebih

Bukan salah produsen jika clodi bocor karena bunda memaksakan clodi tetap dipakai meskipun kapasitasnya sudah penuh. Meski ada claim anti bocor, popok clodi tetap memiliki batas volume urin yang bisa ditampung clodi. Jadi, perhatikan kapasitas clodi baik-baik ya, bun.

            (Baca juga: Sedang Tren, Ternyata Ini Lho Keuntungan Menggunakan Clodi)

3. Lapisan PUL Rusak

PUL (Polyurethane Laminated) adalah bahan yang digunakan sebagai outer dan bersifat waterproof. Jika lapisan ini pecah atau berlubang sedikit saja, maka cairan bisa langsung merembes keluar. Kerusakan biasanya disebabkan karena PUL terkena panas. Karena itulah, sangat disarankan untuk tidak mencuci clodi menggunakan air panas, menjemurnya langsung di bawah terik matahari, dan menyetrikanya.

4.  Detergen Tidak Cocok

Beberapa bahan detergen tidak cocok untuk mencuci clodi. Residu akan menempel di pori-pori insert dan menyebabkan cairan sulit terserap. Dengan kata lain, bahan ini menurunkan daya serap clodi. Selain itu, popok juga menjadi cepat bau dan berisiko menimbulkan ruam pada bayi.

            (Baca juga: Tips Mencuci Clodi Dengan Mesin Cuci)

5. Kesalahan Pemasangan

Cara bunda memakaikan clodi pada si kecil juga berpotensi membuat clodi bocor. Pakaikanlah popok kain bayi sesuai lingkar paha dan perutnya. Jangan terlalu sempit karena akan membuat bayi sesak. Tapi jangan juga terlalu longgar karena bisa membuat cairan merembes keluar.

6. Daya Serap Insert Menurun

Karena terlalu lama dipakai, daya serap insert pun semakin menurun. Tapi selain faktor umur, penurunan daya serap ini juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti perawatan yang salah.

7. Kualitas Clodi

Faktor terakhir yang menyebabkan clodi cepat bocor adalah kualitas clodi yang buruk. Hal ini tentunya merupakan kesalahan dari produsen. Karena itu, bunda harus berhati-hati dan cermat dalam memilih popok kain bayi yang bagus.

            (Baca juga: 8 Masalah Kulit yang Sering Dialami Bayi)

Salah satu popok clodi yang bisa bunda pilih adalah Minikinizz. Popok clodi Minikinizz sudah berstandar SNI sehingga bunda tidak perlu ragu dengan kualitasnya. Bahannya yang aman dan nyaman akan membuat si kecil betah dan terhindar dari ruam maupun iritasi.

Minikinizz juga sudah memiliki banyak distributor yang tersebar di seluruh Indonesia lho.

Share this Post:

Related Posts:

Whatsapp Telepon SMS